/ Raspberry Pi Suplai Dinding Video

Lima Rasberry Pi digunakan untuk menjalankan dinding video (video wall) yang terdiri dari empat segmen layar monitor TV dengan HDMI. Tangkapan layar ini menunjukkan keselarasan (Sync) dan kualitas video yang ditampilkan (memutar beberapa film dokumenter BBC), disamping relativ mudah merakit 4 gambar menjadi satu.

Setiap layar ditenagai masing-nasing oleh satu Raspberry Pi (Raspi) terpisah yang menghasilkan potongan segmen video yang disuplai melalui antarmuka HDI. Konten untuk ke empat Raspi disalurkan oleh satu papan Raspi sentral yang bertindak sebagai pengendali. Konten Video yang disalurkan menggunakan Real Time Streaming Protocol (RTSP) yang tersedia pada paket Linux GStreamer. Sinkronisasi antara masing-masing papan video yang berbeda diatur menggunakan timing jaringan. Pengembangnya [Samer] menyebutkan bahwa sistem ini scalable, dimana setiap layar tambahan hanya memerlukan satu Raspi saja, yang dikendalikan oleh Raspi sentral yang sudah ada.

raspi_videowall_500

 

Update (2013-09-17):

Panduan Pi Wall: Membuat TV Layar Lebar Gunakan Raspberry Pi

Tidak disangkal bahwa dinding video raksasa yang terdiri dari banyak LCD TV cukup mengagumkan. Set-up seperti itu dapat direalisasikan menggunakan bayak PC dan kartu grafis sukup kompleks dan mahal. Raspsberry Pi (RasPi) dikenal piawai digunakan sebagai pemutar video dan telah memiliki koneksi HDMI.

Pi Wall, TV Raksasa ditenagai Raspi

Pi Wall adalah proyek open source untuk membuat dinding video besar dengan biaya kecil. Untuk itu dibutuhkan hanya satu Raspi per segmen TV yang memiliki input HDMI ditambahkan satu RasPi master sebagai koordinator mengendalikan seluruh proses pendistribusian Video.

Kali ini proyek Pi Wall menyediakan panduan instalasi dan setup untuk membangun Pi Wall. Salah satu keterbatasan dalam panduan ini, disebutkan bahwa software ini hanya bekerja menggunakan pemutar video OMXplayer yang disediakan bersama Raspberry Pi. Layaknya sebuah proyek berlisensi  / GPL, disamping program, juga tersedia kode sumber agar siapa saja dengan mudah dapat melakukan modifikasi atau peningkatan.

Posted in: Raspberry Pi, Reklame, Video