/ Detektor Logam Pemburu Harta Karun Gunakan Arduino

Sebuah detektor logam (metal detector) adalah perangkat yang merespon keberadaan logam dari jarak jauh. Detektor logam terutama berguna untuk menemukan kadar logam tersembunyi dalam sebuah benda, atau mencari benda logam yang terkubur di bawah tanah.

Detektor logam digunakan secara luas untuk pertambangan dan aplikasi industri lainnya, termasuk de-mining (deteksi ranjau darat), deteksi senjata seperti pisau dan senjata lainnya (terutama di bandara), mencari prospeksi geofisika, arkeologi dan berburu harta karun. Detektor logam juga digunakan untuk mendeteksi benda asing dalam makanan, dan industri konstruksi untuk mendeteksi tulangan baja dalam beton, pipa dari metal dan kabel terbenam di dinding dan lantai.

detektor_metal_500

[Dzl] bersama putranya yang tampakmya agak serius adalah penggemar detektor logam. [Dzl] berbagi pengalamannya dengan menulis penjelasan yang rinci tentang bagaimana membuat alat penemu harta karun tersebut, baik mekanik (kumparan) maupun elektronik (osilator) dan sistem pengontrolnya menggunakan / Arduino, ditulis dalam artikel di Blog: DIY Arduino based metal detector.

Posted in: Alat Ukur, Arduino, Geofisika