FreeBSD 8
FreeBSD KDE4

FreeBSD 8

Rp20,000

FreeBSD merilis versi 8.4, merupakan rilis stabil baru dari cabang pengembangan 8 untuk sistem operasi keluarga Unix FreeBSD yang mengemas terutama paket-paket software yang telah lama di-ujicoba. Versi produksi aktual pada saat yang sama telah mencapai rilis FreeBSD versi 9.1

Hapus pilihan
Kategori , . Tag: , , .

Keterangan Produk

FreeBSD 8.4 (2013-06-10)

Tim pengembang FreeBSD merilis versi 8.4, merupakan rilis stabil baru dari cabang pengembangan 8 untuk sistem operasi keluarga Unix FreeBSD yang mengemas terutama paket-paket software yang telah lama di-ujicoba. Versi produksi aktual saat yang sama telah mencapai rilis FreeBSD versi 9.1.

Pembaruan di FreeBSD 8.4 terutama penyertaan versi lingkungan desktop yang diperbarui, seperti Gnome ditingkatkan ke versi 2.32.1, sementara KDE diaktualkan ke versi 4.10.1. Rilis yang mengutamakan stabilitas ini, tidak memilih versi paling desktop paling mutakhir Gnome 3.8 dan KDE 4.10.4 yang saat ini telah beredar. Aktualisasi FreeBSD versi 8.4 juga pada driver untuk mendukung hardware baru, termasuk untuk semua Controller buatan LSI Logic, disamping mengimplementasikan sistem berkas ZFS terbaru.

FreeBSD 8.3 (2012-04-18)

FreeBSD 8.3 merupakan update keempat dari seri cabang 8-STABLE yang meningkatkan fusionalitas FreeBSD 8.2 disamping memperkenalkan beberapa fitur baru seperti:

  • usb(4) now supports the USB packet filter;
  • TCP/IP stack kini mendukung mod_cc(9) pluggable congestion control framework;
  • graid(8) GEOM class ditambahkan untuk mendukung sejumlah software RAID controllers berbasis BIOS (menggantikan ataraid(4));
  • ZFS subsystem ditingkatkan ke SPA versi 28;
  • GNOME versi 2.32.1,
  • KDE versi 4.7.4.

FreeBSD 8.2 (2011-02-24)

FreeBSD 8.2 dirilis tujuan utama untuk pemeliharaan dan aktualisasi paket-paket software aplikasi terhadap rilis versi sebelumnya. Kecuali itu terdapat juga beberapa penambahan fitur seperti halnya dukungan untuk USB 3.0. Diantara paket software yang diperbaharui di versi FreeBSD 8.2 ini, termasuk desktop GNOME dan KDE.

Fungsi atau fitur baru yang ditambahkan misalnya sebuah driver untuk Xhci yang bertugas untuk membantu menlancarkan penggunaan perangkat yang disambungkan melalui USB 3.0. Lapisan emulasi Linux kini mendukung API untuk Video4linux dan driver-driver untuk hardware yang diperlukan telah disediakan pengembangnya di lumbung repositori multimedia/pwcbsd atau di multimedia/webcamd.

Dua driver baru bawaan FreeBSD disediakan guna meningkatkan keamanan sistem, masing-masing yaitu modul Tpm mendukung “Trusted-Plattform-Modul-Hardware”, sementara modul Aesni berperan sebagai penunjang akselerasi untuk sistem sandi AES didukung prosesor Intel, sekaligus meningkatkan kinerja dari Crypto-Frameworks di masing-masing platform. Crypto mendukung disamping XTS-AES juga Tweaked-Code-Book-Modus berikut CipherText Stealing (XEX-TCB-CTS).

Sistem virtualisasi Xen juga mendapat perbaikan dan peningkatan fitur yang mendukung vistualisasi hardware secara penuhn seperti HVM (Hardware Virtual Machine) untuk sistem AMD64, sementara untuk sistem i386 juga dapat memanfaatkan Xen dalam modus paravirtualisasi (PV).

FreeBSD 8.2 sepenuhnya mendukung tabel partisi GUID (GPT) yang kali ini memiliki kemampuan baik dalam hal memverifikasi checksum. Perkakas partisi Gpart yang dikembangkan telah mendukung fitur termasuk GPT-Attribute Bootme, Bootonce dan Bootfailed. Disamping itu Gpart bisa menjalankan perintah untuk menyelamatkan (recover) GUID Partition Table. Sistem berkas ZFS besutan Sun juga ditingkatkan ke versi 15 yang banyak membawa perbaikan berasal dari OpenSolaris.

Kernel BSD yang digunakan telah dikompilasi berikut opsi KDB dan KDB_TRACE agar output dari Stacktrace pada saat Kernel-Panics terjadi bisa dipantau tanpa perlu menjalankan Debugger. Disamping itu telah dilakukan pemekaran kemampuan DTrace sebagai salah satu perkakas Userland. Dengan semua itu, maka diharapkan interaksi antara aplikasi dengan Kernel dapat dipantau lebih baik.

Diantara paket aplikasi yang ditingkatkan adalah dua Desktop utama Gnome dan KDE SC, yang ditingkatkan ke versi Gnome 2.32.1 dan versi KDE 4.5.5. Peningkatan lainnya adalah Bind 9.6-ESV-R3 dan Openssl 0.9.8q yang telah dibebaskan dari celah keamanan.

FreeBSD 8.1 (2010-07-24)

FreeBSD 8.1 menyertakan perbaikan, peningkatan dan fitur baru kedalam generasi 8 dari Sistem Operasi kelompok BSD. Dibandingkan versi awal FreeBSD 8 .0 yang telah beredar sejak delapan bulan sebelumnya, versi 8.1 kali ini telah memperbarui baik kernel maupun sejumlah driver. Versi zpool dari ZFS misalnya telah ditingkatkan ke versi 14, disamping penambahan zfsloader, yaitu Bootloader yang memungkinkan booting via ZFS. ACLs dari NFSv4 kini didukung oleh sistem berkas UFS dan ZFS.

Kecuai itu, telah ditambahkan Framework HAST (Highly Available STorage) yang memungkinkan data disimpan di dua komputer terpisah secara transparan seperti halnya fitur DRBD di Linux. Framework Paketfilter kini dapat dijalankan independen di Jail masing-masing sebagai komponen terpisah.

Lingkungan desktop GNOME dan KDE yang digunakan merupakan versi aktual yaitu GNOME 2.28.2 dan KDE 4.4.5. Perkakas sistem penting lainnya yang diperbarui termasuk ISC BIND 9.6.2-P2, OpenSSH 5.4p1, OpenSSL 0.9.8n dan Sendmail 8.14.4.

FreeBSD 8.0 (2009-11-26)

Dengan GEOM_PART (gpart) tersedia GEOM-Partitionclass (slicer) yang anyar, berikut program pendukungnya untuk sistem operasi FreeBSD. Partitionclass menggabungkan dukungan aneka format partisi seperti MBR, BSD dan GPT. Bsdlabel dapat langsung merujuk kepada delapan partisi dengan jumlah maksimum 26 sesuai dengan jumlah huruf alphabet yang tersedia.

Untuk Logical-Volume-Management-Partitionen (LVM) tersedia aplikasi Gvinum 2 yang mengelola Modus JBOD, RAID 0, RAID 1 dan RAID 5.

NFS-Lock-Manager bawaan Kernels mampu menjangkau banyak Threads dan bisa mendeteksi Deadlocking. Disamping itu FreeBSD langsung bisa mengunakan NFS termasuk versi 4 dan jejaring nirkabel termasuk standard IEEE 802.11s.

FreeBSD 8.0 menyertakan container virtualisasi yang dapat dibangun menggunakan komando Jail. Sebagai lingkungan desktop disediakan versi KDE 4.3 dan GNOME 2.26.3.

Daftar singkat fitur FreeBSD 8 .0 termasuk:

  • Xen Dom-U, VirtualBox guest dan host, hierarchical jails.
  • Dukungan NFSv3 GSSAPI, experimental NFSv4 client dan server.
  • 802.11s D3.03 wireless mesh networking dan dukungan Virtual Access Point.
  • ZFS tidak lagi ber-status experimental.
  • Ground-up rewrite of USB, termasuk USB target support.
  • SMP Scalability ditingkatkan lebih lanjut di segala bidang, terutama VFS.
  • Perbaikan terhadap network link layer subsystem.
  • Dukungan untuk experimental MIPS architecture.

 

Informasi tambahan

Arsitektur

32bit-x86, 64bit-x64

Versi

8.4, 8.3, 8.2, 8.1, 8.0