CentOS 6

CentOS 6

Mulai: Rp20,000

CentOS 6.5 didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux 6.5. Seperti pada panutannya, CentOS juga memberdayakan kernel 2.6.32 yang telah ditingkatkan.

Hapus pilihan
Kategori .

Keterangan Produk

CentOS 6.5 (2013-12-01)

CentOS 6.5 didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux 6.5. Seperti pada panutannya, CentOS juga memberdayakan kernel 2.6.32 yang telah ditingkatkan. Selain peningkatan dukungan hardware yang diselaraskan dengan hardware baru, kernel juga berisi beberapa perbaikan di bidang sistem kriptografi, virtualisasi, dan sistem berkas.

Fitur-fitur baru yang disertakan, juga berasal dari distribusi dan sama dengan RHEL 6.5. Secara khusus, termasuk dukungan untuk beberapa bahasa lain, berikut font yang terkait dan metode input yang diperlukan. Fitur OpenSSL sekarang dalam versi 1.0.1 dan kini telah mendukung TLS 1.1 dan 1.2. KVM sekarang dapat mengimpor file VMDK dari VMware dan file VHDX dari Microsoft Hyper-V dan mendukung CPU hot plugging. Precision Time Protocol (PTP) kini secara resmi mendapatkan dukungan. Network Manager sekarang mendukung koneksi PPPoE. Rincian perbaikan lainnya dapat disimak di catatan rilis, dan bagi pengguna yang sudah menggunakan CentOS 6, dapat meng-upgrade sistem mereka ke versi 6.5 menggunakan alat yum tersedia.

CentOS 6.4 (2013-03-09)

Berbeda dengan RHEL, CentOS-6.4 menggabungkan semua paket dan repositori dari semua varian untuk versi yang sama menjadi satu dalam rilis medianya, agar pengguna lebih nyaman memanfaatkannya. Pada rilis kali ini terdapat sejumlah perubahan mendasar (fundamental) dibandingkan rilis seri CentOS-6 sebelumnya. Karena itu, pengguna disarankan untuk menyimak Release Notes CentOS 6.4 atau Techical Notes dari RHEL 6.4 tentang masing-masing perubahan dan dampaknya terhadap instalasi anda.

Mereka yang telah menggunakan versi CentOS 6.x lebih tua, dapat melakukan peningkatan atau upgrade, cukup menggunakan komando “yum update”. Dan menurut pemberitahuan rilis, disarankan agar sebelumnya memeriksa dengan mengeksekusi perintah “yum list updates” untuk mengetahui daftar paket dan dimensi jumlah paket software yang perlu diunduh oleh sistem pada proses peningkatan nanti.

Barang siapa saat ini sedang menjalankan CentOS 6 dengan mengaktifkan repositori dengan “centos-cr repositories enabled”, beruntung secara otomatis telah memiliki CentOS-6.4 sekarang, karena sejak dua minggu sebelumnya lumbung repo telah dilengkapi dengan update rpm untuk rilis ini.

Beberapa peningkatan terpenting pada CentOS 6.4 termasuk:

•Driver untuk Microsoft Hyper-V telah ditambahkan agar CentOS dapat dijalankan lebih baik dan efisien di Virtual Machine menggunakan server dengan Microsoft Hyper-V;

•Pustaka Samba4 yang tersedia bersama paket samba4-libs, telah ditingkatkan ke versi terkini, guna memperbaiki interoperabilitas dengan domain Active Directory (AD). Sebelum meningkatkan CentOS-6.3 yang telah terpasang Samba ke versi CentOS 6.4, pastikan anda telah mencopot Samba4 terlebih dahulu agar tidak sampai terjadi konflik saat melakukan proses upgrade.

CentOS 6.3 (2012-07-10)

Meneruskan tradisi sebelumnya, CentOS-6.3 diterbtkan terutama untuk arsitektur utama i386 dan x86_64 dan berupaya sedekat mungkin dengan distro hulunya RHEL 6.3 berikut senua paket oftware dan varian yang disediakan.

Semua lumbung repositori dari distribusi induknya telah digabungkan menjadi satu untuk memudahkan pengguna CentOS memanfaatkannya. Upgrade mulai dari CentOS 6.0, 6.1 atau 6.2 disebutkan tidak bermasalah cukup menggunakan yum update.

CentOS 6.3 memanfaatkan LibreOffice 3.4 menggantikan OpenOffice 3.2 sebagai standar untuk paket perkantoran. Saat upgrade OpenOffice otomatis ditimpa LibreOffice.

Teknologi Virtualisasi yang diutamakan Red-Hat yang juga disertakan, menambahkan dua perkakas, antara lain “Virt-p2v” (dari fisik ke virtual) disediakan untuk memigrasikan sistem fisik ke sistem maya.

CentOS 6.2 (2011-12-20)

Para pengembang distribusi klon RHEL, baik Oracle Enterprise Linux, CentOS maupun PUIAS nyaris serentak dalam menerbitkan klon untuk versi RHEL 6 update 2 dan masing-masing membutuhkan sekitar dua minggu setelah RHEL 6.2 dirilis. Khusus untuk CentOS 6.2 dirilis sekitar satu minggu setelah penerbitan CentOS 6.1.

CentOS terbaru menggunakan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 6.2 sebagai basis pengembangannya. Seperti pada RHEL 6.2, edisi komunitas ini juga ditenagai menggunakan Kernel 2.6.32 yang telah mendapat peningkatan khusus. Disamping itu telah dilakukan penggantian untuk sistem kompresi berkas, dari initrd.img ke sistem LZMA yang sekaligus berdampak pada ukuran file yang lebih kompak.

Untuk menginstalasi melalui jaringan (Net Install) kini dimungkinkan menggunakan alamat IPv6 statis. Pengembang CentOS juga menyertakan driver ekstra seperti yang tersedia untuk RHEL. Driver SCSI qla4xxx telah dimodifikasi agar tidak lagi terkait dengan Firmware tertentu, melainkan dengan open-iscsi dalam hal pengelolaan iSCSI. Kecuali itu, beberapa driver SCSI telah dioptimalkan untuk memastikan nantinya semua berjalan tanpa masalah.

Semua sistem berkas yang disokong CentOS seperti XFS, Parallel NFS dan CIFS telah ditingkatkan ke versi terkini. Perbaikan penting lainnya adalah pada sistem virtualisasi KVM dan Xen yang mampu meningkatkan kecepatan pada jaringan dan dukungan USB 2.0 pada KVM serta dukungan untuk Memory Ballooning untuk Xen.

CentOS 6.1 (2011-12-10)

Pengembang distribusi CentOS telah merilis versi 6.1 yang sepenuhnya kompatibel dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) versi yang sama. Berbeda dengan RHEL, CentOS tidak sekedar menghapus merek dagang dan artwork asal Red Hat saja, melainkan juga telah menggabungkan paket software termasuk repositori dari semua varian menjadi sebuah distribusi demi kemudahan penggunanya.

Semua kekliruan fatal pada hakekatnya segera mendapatkan perbaikan oleh tim pengembang CentOS. Agar pengguna bisa setiap saat mendapatkan peningkatan tanpa perlu menanti rilis berikutnya, sejak beberapa bulan lalu tim CentOS telah menyediakan depot “Continuous Release” (Repo CR) yang menampung paket software terkini (bugfix dan security updates) yang diterbitkan secara berkala seirama dengan rilis paket untuk RHEL.

Repositori CR mencerminkan fleksibilitas pada sistem pembaruan untuk CentOS. Kecuali perbaikan terhadap kekliruan, di Repo CR juga tersedia paket-paket RPMs yang merupakan bagian dari rilis berikutnya. Informasi selebihnya tentang Repo CR dapat disimak disini: http://wiki.centos.org/AdditionalResources/Repositories/CR

Bersama CentOS 6.1 disertakan semua peningkatan seperti yang telah disediakan untuk RHEL 6.1. Diantaranya adalah peningkatan pada dukungan terhadap aneka hardware baru, sebuah sistem failover otomatis untuk mesin virtual dan software aplikasi, disamping peningkatan untuk pengelola paket Yum. Yum yang baru menyediakan fitur pelacak yang ramah pengguna, termasuk komando untuk “updateinfo” dan “versionlock”.

Baik untuk arsitektur 32 maupun 64-bit, CentOS 6.1 menerbitkan media yang terdiri dari masing-masing dua keping DVD untuk instalasi lengkap, Net-Install atau Rescue dalam ukuran miniCD, sebuah CD minimal Install untuk instalasi dengan fitur terbatas, dan LiveCD+LiveDVD untuk dijalankan tanpa perlu sebelum menanamkannya di harddisk.

CentOS 6.0 (2011-07-11)

Delapan bulan dibutuhkan Community Enterprise Operating System (CentOS) untuk merampungkan tiruan Red Hat Enterprise Linux 6 pertama berupa versi 6.0 edisi komunitas yang baru terbit pada 11 Juli 2011.

Pada awalnya diterbitkan hanya Media dalam format DVD, baik untuk sistem x86-32-bit maupun x86-64-bit dan versi LiveCDs, termasuk “Minimal Install CD” menyusul tidak lama kemudian. Pengembang CentOS saat itu merencanakan penerbitan “LightWeightServer (LWS) CD”, yang serupa dengan “CentOS 4 Server CD” yang mengemas segalanya yang penting untuk membangun sebuah server hanya dengan sekeping CD.

Seperti distro hulunya, CentOS 6.0 menggunakan kernel Linux 2.6.32 yang memiliki fitur antara lain Completely Fair Scheduler, bertugas mengatur pemanfaatan jadwal kerja prosesor agar lebih berimbang. Kecuali itu, untuk kali pertama dikemas fitur Kernel Mode Settings (KMS).

Sebagai lingkungan desktop disediakan pilihan Gnome 2.28 atau KDE 4.3.4. Untuk urusan perkatoran didukung oleh aplikasi Openoffice 3.2 dan sebgai browser disertakan Firefox 3.6. Disamping MySQL 5.1 juga tersedia basis data PostgreSQL 8.4 sebagai pilihan. Server web Apache yang disertakan adalah versi versi 2.2.15. Berbeda dengan RHEL, CentOS 6.0 menggunakan repositori tunggal untuk semua jenis paket software.

Tidak disarankan untuk melakukan ugrade ke CentOS 6 dari sistem dengan versi CentOS 4 atau 5 sebelumnya. Sampai dengan terbitnya CentOS 6.1, tim proyek menjanjikan pemeliharaan “Continous Release Repository” dengan mensuplai Security-Updates yang diperlukan dan mengintegrasikan fitur berasal dari RHEL 6.1. Detil yang merinci tentang rilis CentOS 6 akan diumumkan dalam kurun waktu 48 jam setelah rilis diumumkan tadi malam.

Menurut data yang dapat dibaca di Release Notes, hanya sebelas paket yang dimodifikasi oleh pengembang CentOS, diantaranya adalah Firefox, Yum dan Installer Anaconda. Sekitar satu lusin paket spesifik Red Hat seperti abrt-plugin-bugzilla dan beberapa untuk mendukung jaringan yang kali ini tidak disertakan.

Informasi tambahan

Arsitektur

32bit-x86, 64bit-x64

Versi/Rilis

6.5, 6.4, 6.3, 6.2, 6.1, 6.0

Edisi

2-DVD-Installer, 1-LiveDVD

Video Review CentOS 6