Zentyal

Zetyal DashboardZentyal (sebelumnya disebut eBox Platform) adalah paket software server jaringan terpadu, juga disebut sebagai sebuah “Unified Network Platform” yang ditargetkan untuk Usaha Makro, Kecil dan Menengah (UMKM). Zentyal dapat berperan sebagai sebuah Gateway, Network Infrastructure Manager, Unified Threat Manager, Office Server, Unified communications Server atau kombinasi dari sebagian atau seluruh fungsi yang disebutkan. Disamping itu, Zentyal yang dibangun diatas diatas distro Ubuntu, telah menyertakan kerangka kerja pengembangan (development framework) untuk memudahkan siapa saja memanfaatkan keterampilannya membuat layanan baru berupa program berbasis Unix.

Proyek yang disponsori perusahan komersil eBox Technologies S.L asal Spanyol yang menyediakan kode pemrogramannya. Kode sumbernya tersedia untuk publik dan sebagian besar dibawah naungan lisensi bebas GNU General Public License (GPL), dan beberapa merupakan program proprietari.

Hasil pengembangan Zentyal (eBox Platform) dipublikasikan untuk kali pertaman pada tahun 2005 sebagai sebuah proyek open-source, berupa kolaborasi dua perusahaan. Pada 16 November 2006 Zentyal (eBox Platform) secara resmi disetujui sebagai proyek NEOTEC, dan berhak menerima dana publik dari CDTI (organisasi publik Spanyol, di bawah Departemen Perindustrian, Perdagangan dan Pariwisata) untuk menuntaskan pengembangan versi 1.0. Zentyal (eBox platform) kali pertama isertakan bersama rilis Ubuntu di Gutsy Gibbon Tribe 3 pada tahun 2007, yaitu rilis alpha ketiga Ubuntu 7.10, merupakan kandidat rilis pertama untuk versi stabil Zentyal (eBox platform 1.0) diterbitkan pada tahun 2008.