White Spaces

TV White Spaces (Spektrum TV Tidak Termanfaatkan) adalah spektrum frekuensi antara pemancar TV yang tidak terpakai. Spektrum frekuensi ini disebut juga sebagai Spektrum TV Tidak Termanfaatkan dan bisa dipergunakan untuk penggunaan lain. Salah satunya adalah penggunaan spektrum tidak termanfaatkan ini sebagai alternatif baru dan inovatif seperti layanan wi-fi, atau dalam kerangka IoT (Internet of Things) mendukung layanan M2M (Machine to machine) berupa komunikasi data nirkabel Weightless atau Zero-G.

Saluran-saluran di dalam Spektrum TV Tidak Termanfaatkan dibawa menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi sangat tinggi pada frekuensi VHF (54-216 MHz) dan ultra tinggi UHF (470-698 MHz). Lebar bidang frekuensi itu disebut spektrum, dan bisa dipergunakan oleh perangkat nirkabel untuk mengirimkan informasi dengan aman.

Penggunaan spektrum diatur oleh pemerintah. Penggunaan spektrum frekuensi VHF dan UHF tadi berbanding lurus dengan jumlah pemancar televisi yang ada di daerah itu. Di daerah-daerah yang banyak pemancar televisinya, maka penggunaan spektrum juga semakin padat. Sebaliknya di daerah pelosok yang jarang memiliki pemancar televisi, maka tingkat penggunaan spektrum juga sedikit. Spektrum-spektrum frekuensi yang masih kosong ini disebut sebagai Spektrum TV Tidak Termanfaatkan, dan bisa dimanfaatkan untuk komunikasi data nirkabel.

TV White Space

Baca selebihnya di Wikipedia.

What is TV White Spaces?