Weightless

Weightless adalah standar teknologi nirkabel terbuka, dengan produk berkepemilikan yang diusulkan untuk pertukaran data antara base station dan ribuan mesin di sekitarnya, menggunakan “TV White Spaces” (kanal frekuensi untuk siaran TV analog yang masih kosong) dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Seperti pada standar sejenis lainnya, seperti Zigbee dan Bluetooth, nama ‘Weightless’ digunakan untuk menegaskan, bahwa inisiatif yang diawali pada bulan Desember 2012 ini, bukan merupakan standar seluler generasi baru (bukannya lanjutan dari 1G, 2G, 3G ataupun 4G), melainkan adalah ZERO-G. Sejatinya, Zero-G berada diluar pola generasi seluler dan sering dikaitkan dengan tiadanya gravitasi yang kemudian menjadi tanpa bobot atau Weightless.

Zero-G Komponen M2M

Weightless dikelola oleh Weightless SIG (Special Interest Group), yang diungkapan ke publik pada tanggal 7 Desember 2012, sebagai tindak lanjut dari acara pertemuan perdana industri nirkabel yang diadakan di Moller Centre di Cambridge, Inggris satu tahun sebelumnya, dengan presentasi yang diberikan oleh perusahan Neul, Landis+Gyr, Cable & Wireless, dan ARM.

Secara teknis, Weightless diimplementasikan menggunakan operasi Time-division duplex dengan frekuensi hopping dan faktor penyebaran variabel, dalam upaya untuk meningkatkan jangkauan dan mengakomodasi perangkat berdaya rendah pada pita frekuensi atau saluran, dalam pita siaran televisi terestrial.

Sebuah jaringan BTS digunakan untuk berkomunikasi dengan internet, atau via jaringan pribadi, untuk menyampaikan informasi dari perangkat ke sistem komputer dan sebaliknya ke perangkat. Downlink ke perangkat menggunakan slot waktu (TDMA – Time Division Multiple Access) dan uplink ke base station dibagi menjadi sub-channel sehingga beberapa perangkat dapat berkomunikasi ke base station secara simultan.

Sebuah base station mentransmisikan frame Weightless yang diterima oleh beberapa ribu perangkat. Untuk komunikasi kedua perangkat tersebut dialokasikan waktu dan frekuensi tertentu yang digunakan untuk mengirimkan data mereka kembali ke base station. Base station yang terhubung ke Internet atau jaringan pribadi, mengakses database untuk mengidentifikasi frekuensi, atau saluran yang dapat digunakan, tanpa mengganggu siaran televisi terrestrial setempat (local area).

Weightless merupakan protokol komunikasi nirkabel yang dirancang untuk menghubungkan Mesin Cerdas (Smart Machines) ke Internet, – yang juga disebut sebagai komunikasi M2M (Mesin-to-Machine) – dengan jarak mulai dari beberapa meter hingga sekitar 10 km.

Aplikasi Weightless, termasuk Smart metering, pelacakan kendaraan (Vehicle tracking), pelacakan aset (Asset tracking), Smart cars untuk diagnostik kendaraan dan upgrade, pemantauan kesehatan (Health monitoring), sensor lalu lintas (Traffic sensors), perangkat pintar (Smart appliances), Rural broadband, infrastruktur Smart ePayment, pemantauan mesin industri.

Jaringan Weightless