Ubuntu

ubuntu_light_logo

Latar Belakang Proyek Ubuntu

Ubuntu adalah distribusi Linux bebas berlandasan Debian GNU/Linux. Nama Ubuntu yang dipilih berasal dari bahasa Zulu yang memiliki arti “Perikemanusiaan”atau “Kemanusiaan terhadap sesama” dan merupakan sebuah filosofi yang berakar di Afrika. Berpedoman pada Ubuntu, pengembangnya membangun sistem operasi yang mudah diinstalasi dan digunakan disertai dengan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat dan selaras satu dengan yang lainnya.

Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yaitu sebuah perusahaan dipimpin oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth, yang sebelumnya anggota pengembang Debian GNU/Linux. Tujuan pengembangan distribusi Linux Ubuntu adalah untuk membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mendapatkan dukungan baik oleh komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu mampu meningkatkan popularitasnya dalam waktu cukup singkat, dan sejak penerbitan versi pertama pada bulan Oktober 2004, kemudian pada rilis bulan Oktober 2010 telah berhasil menjadi distribusi Linux yang paling dikenal dan paling banyak digunakan, dengan jumlah pengguna diperkirakan sekitar 25 juta. Sebagai desktop utama digunakan pada beberapa rilis awal adalah lingkungan desktop Gnome, kemudian sejak versi Ubuntu 11.04 beralih menggunakan Unity sebagai antar muka, yang dikembangkan sendiri oleh komunitas pengembang Ubuntu, disamping juga terdapat sejumlah variasi antar muka lainnya sebagai proyek turunan resmi maupun tidak resmi. Untuk sub-proyek resmi adalah termasuk Kubuntu dengan KDE sebagai desktop, Xfce digunakan untuk Xubuntu dan Lubuntu yang tampil menggunakan LXDE sebagai lingkungan desktop, sedangkan sub-proyek Ubuntu Studio, secara khusus ditujukan untuk kebutuhan audio, grafika dan pemrosesan video.

Prinsip yang dianut Ubuntu

Tujuan sosial Ubuntu adalah untuk memberikan kontribusi, seraya mengatasi kesenjangan digital. Oleh karena itu, proyek ini akan menawarkan perangkat lunak yang tersedia untuk semua orang sebanyak mungkin tanpa batasan dan tanpa biaya. Hal ini juga kembali tercermin dalam pemilihan nama, dimana istilah Ubuntu berasal dari bahasa penduduk Zulu dan Xhosa yang bertolak pada “kemanusiaan” dan “kebersamaan”, namun juga atas kepercayaan dalam ikatan universal untuk saling berbagi, untuk menghubungkan semua warga dunia.

Juga dalam sistem Ubuntu itu sendiri dapat ditemukan nuansa Afrika, saat log-in dengan tampilan coklat, mengingatkan kita pada warna-warna savana. Semua pengembang juga harus menandatangani perjanjian ” Code of Conduct”, agar mereka berkomitmen pada prinsip “kemanusiaan” (yang diuraikan sebagai kebaikan, saling menghargai, menghormati, kerjasama dan sejenisnya) dengan mematuhi baik dalam pengembangan dan komunikasi di antara mereka sendiri maupun pada saat berurusan dengan pengguna. Oleh karena itu, dalam forum dan milis Ubuntu juga pertanyaan yang diajukan pemula diminta untuk menjawab dengan sabar dan ramah. Logo Ubuntu mencerminkan gotong royong yang terbentuk dari lingkaran beberapa insan, masing-masing dengan budaya yang berbeda. “Circle of friends” melambangkan slogan Ubuntu – “Linux for human beings”.

Berkaitan dengan software, Ubuntu menganut pemahaman filosofi:

  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya lisensi;
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik;
  • bahwa pengguna harus diberikan kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun.

Pengembangan Ubuntu

Ubuntu untuk kali pertama dirilis pada 20 Oktober 2004. Sejak itu Canonical merilis setiap 6 bulan sekali versi Ubuntu baru. Setiap versi Ubuntu yang diterbitkan memiliki kode nama tersendiri berikut nomor versi, yang didasarkan pada tahun dan bulan publikasi masing-masing. Sebagai contoh misalnya 11.10 untuk Oktober 2011. Nama kode atau julukan mengacu pada jenis hewan atau binatang dengan sifat atau karakternya yang diurut menurut alphabet, sejak versi “Dapper Drake”, diteruskan “Edgy”, kemudian “Feisty”, dan seterusnya.

Setiap versi masing-masing dijanjikan dukungan selama 18 bulan berupa update, sementara versi LTS (Long Term Support) diberikan dukungan selama tiga tahun sampai dengan Ubuntu 10.04 LTS untuk versi desktop dan lima tahun untuk varian server. Sejak rilis Ubuntu 12.04 LTS dukungan desktop dan server disamakan menjadi masing-masing lima tahun.

Paket-paket software Ubuntu berasal dari paket tidak stabil Debian; Ubuntu memakai format paket dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Paket Debian dan Ubuntu umumnya tidak selaras sehingga paket Debian sering kali perlu dibangun ulang dari kode sumbernya agar dapat dimanfaatkan langsung untuk dipakai di Ubuntu, begitu juga sebaliknya.

Walaupun Ubuntu ada upaya kerja sama dengan Debian agar perubaha-perubahan sistem Ubuntu diarahkembali kembali ke Debian, namun hal tersebut hanya sembuah impian dan nyaris tidak terlaksana.

Edisi Server

Ubuntu Server Edition dirancang penekanan pada sistem keamanan (termasuk penyertaan AppArmor), diinstal tanpa antarmuka grafis (walaupun dapat ditambahkan kemudian secar manual) berikut kernel yang dioptimalkan untuk server. Selain itu, ia menawarkan opsi instalasi LAMP stack terpadu (Linux, Apache, MySQL dan PHP) yang banyak dibutuhkan, seperti juga dukungan untuk thin client (LTSP). Server versi LTS mendapat dukungan selama lima tahun, sementara versi normal (non-LTS) tetap hanya 18 bulan.

Lingkungan Desktop

Ubuntu dilengkapi dengan banyak pilihan Desktop Environment, di antaranya adalah GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE.

Ubuntu Gnome 13.04 FireFoxGNOME: Digunakan sejak rilis pertama dan Gnome merupakan lingkungan desktop standar untuk Ubuntu (Unity dibangun di atas platform Gnome). Gnome merupakan salah satu lingkungan desktop digunakan secara luas dan sangat populer untuk Linux. Sejak April 2011,  proyek Gnome memperkenalkan Gnome Shell, sebuah kerangka kerja yang lebih terfokus. Cukup banyak pengguna Ubuntu yang beralih ke Gnome Shell karena tampilannya yang menarik.

ubuntu_1304_firefox_unityUnity: Sejak Ubuntu 11.04 telah menggunakan Unity sebagai sandar lingkungan desktopnya. Pada awal peluncurannya, Unity menuai banyak kritik karena masih mengandung banyak masalah, sehingga pada awalnya banyak pengguna masih memilih untuk tetap menggunakan Gnome. Lambat laun, sejak Ubuntu 11.10 Unity mulai disempurnakan, masalah berkurang dan pengguna menerima keberadaan Unity.
Kubuntu 12.10KDE: (K Desktop Environment) merupakan lingkungan desktop standar pada Kubuntu. KDE terkenal dengan desktop plasma-nya, namun desktop plasma tersebut membutuhkan sumber daya hardware yang lebih besar sehingga kurang optimal untuk komputer generasi lama.

Xubuntu 12.10Xfce: Xfce adalah proyek lingkungan desktop dengan tujuan untuk menciptakan desktop puas dengan sumber daya hardware rendah. Dalam prakteknya, kebutuhan sumber daya hardware Xfce masih lebih tinggi dibandingkan konsumsi LXDE. Xfce merupakan lingkungan desktop standar untuk Xubuntu.

Lubuntu 12.10LXDE: LXDE adalah proyek lingkungan desktop untuk menyediakan desktop yang cepat dan hemat energi. LXDE merupakan lingkungan desktop standar untuk Lubuntu.

 

 

Jadwal Rilis dan Durasi Dukungan
ubuntu_jadwal_rilis_13.04_900
Gambar WikiMedia – Klik Perbesar Diagram

Jadwal Rilis masing-masing versi Ubuntu:

  • 13.10 Saucy Salamander – 17-10-2013
  • 13.04 Raring Ringtail – 25-04-2013
  • 12.10 Quantal Quetzal – 18-10-2012
  • 12.04 Precise Pangolin – 26-04-2012 – LTS
  • 11.10 Oneiric Ocelot – 13-10-2011
  • 11.04 Natty Narwhal – 28-04-2011
  • 10.10 Maverick Meerkat – 10-10-2010
  • 10.04 Lucid Lynx – 29-04-2010 – LTS
  • 9.10 Karmic Koala – 29-10-2009
  • 9.04 Jaunty Jackalope – 23-04-2009
  • 8.10 Intrepid Ibex – 30-10-2008
  • 8.04 Hardy Heron – 24-04-2008 – LTS
  • 7.10 Gutsy Gibbon – 08-10-2007
  • 7.04 Feisty Fawn – 19-04-2007
  • 6.10 Edgy Eft – 26-10-2006
  • 6.06 Dapper Drake – 01-06-2006 – LTS
  • 5.10 Breezy Badger – 13-10-2005
  • 5.04 Hoary Hedgehog – 08-04-2005
  • 4.10 Warty Warthog – 20-10-2004