Ubuntu Studio

Ubuntu Studio logo90Ubuntu Studio dibangun khusus untuk memenuhi kriteria teknis yang lebih tinggi agar dimungkinkan pemrosesan dan produksi materi Multimedia termasuk Audio, Grafik dan Video. Untuk kebutuhan tersebut pengembangnya menggunakan kode sumber Ubuntu sebagai basis dan kernel Linux-nya divermak dengan menambahkan fitur real-time agar rendah latensi dan respon yang cepat agar pemrosesan materi multimedia bisa berjalan dengan mulus. Sebagai Backend untuk Audio digunakan program bernama JACK yang bagi musisi elektronika bukan software asing lagi.

Ubuntu Studio

Ubuntu Studio menyertakan banyak aplikasi open source yang mendukung Multimedia, seperti CinePaint untuk memroses video pada pembuatan film, Sekuenser Audio bernama Rosegarden, editor audio Ardour, juga program DTP Scribus.

Versi stabil perdana Ubuntu Studio lahir tanggal 10 Mei 2007 menggunakan Ubuntu 7.04 sebagai basis. Sementara semua edisi Ubuntu saat itu masih leluasa dikemas dalam sebuah CD, Ubuntu Studio ini sekaligus merupakan versi DVD perdana yang telah dilengkapi dengan semua aplikasi seperlunya. Mulai versi 7.10, Ubuntu Studio tersedia untuk 64-bit (AMD64 atau x86_64).

Ubuntu Studio 12.10, salah satu varian resmi Ubuntu Linux yang didisain untuk pembuatan konten Multimedia seperti suara, grafika dan video yang merilis edisi Quantal Quetzal. Ubuntu Studio dibangun khusus untuk para seniman guna memenuhi kriteria teknis yang lebih tinggi agar dimungkinkan pemrosesan dan produksi materi Multimedia termasuk Audio, Grafik dan Video lebih baik.