UberStudent

UberStudent adalah sistem operasi komputer bebas dan open source disertai dengan kumpulan program untuk pendidikan tinggi dan siswa sekolah perguruan tinggi yang terkait, termasuk guru dan sekolahan, seperti juga peneliti, pekerja ilmu pengetahuan, sains, dan pembelajar seumur hidup.

UberStudent

Uberstudent: Linux Untuk Pembelajar

uberstudentDijuluki “Linux Untuk Pembelajar”, UberStudent menggambarkan dirinya sebagai “kurikulum akademik kohesif yang sukses, diintegrasikan menjadi sebuah platform pembelajaran berfitur lengkap yang mudah digunakan dan diinstal”. UberStudent bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan kefasihan menggunakan komputer, disamping meningkatkan adopsi platform komputasi bebas dan open source, seiring dengan peningkatan dirinya masing-masing, dalam pendidikan tinggi dan sekolah menengah.

Pengamat mengulas UberStudent sebagai sebuah platform yang “sangat selaras dengan kebutuhan siswa”, “sarat dengan perkakas yang ramah terhadap siswa dan mudah di kustomisasi”, “sempurna untuk lingkungan pendidikan tinggi”, berhasil mencapai tujuannya “dengan penuh percaya diri, keanggunan, dan kekuasaan”, “pilihan cerdas untuk menuntaskan pekerjaan sehari-hari di sekolahan”, dan banyak puja puji lainnya. The Chronicle of Higher Education mengulas distro bebasis Ubuntu ini dengan mengutip kelengkapan UberStudent digunakan untuk mengerjakan karya utama akademis, keramahannya terhadap pengguna, disamping sifatnya yang terbuka dan Open Source.

Rilis dan Aplikasi UberStudent

Setelah dua bulan rilis resmi UberStudent pada 15 Juli 2010, edisi perdana distro UberStudent 1.0 Cicero ini telah berhasil meraih posisi nomor 32 dari seluruh (316) distro yang aktif terdaftar di Distrowatch. Rilis generasi kedua UberStudent 2.0.4. dengan nama Aristotle diluncurkan pada tanggal 25 November 2012.

Nyaris semua software yang digunakan dan disertakan dengan UberStudent merupakan software bebas dan open source dengan basis lintas platform agar terhindar dari terbelenggu oleh vendor lock-in, baik terhadap Windows, Mac OS X, maupun Linux.

Program utama dari UberStudent untuk pekerjaan akademisi dikelompokkan dalam entri menu aplikasi, Pendidikan, diterapkan dalam sub-kategori, termasuk untuk membaca, penelitian dan penulisan, manajemen pribadi, bantuan pembelajaran, subyek, dan utilitas, yang masing-masing memiliki sub-kategori sendiri.

Selain set aplikasi khusus untuk akedemisi, pengulas menemukan banyak template membantu tugas akademis dan segudang panduan yang tambahan yang dinantikan dan yang acapkali tidak ditemuka pada distro-distro lainnya.

UberStudent juga mengemas berbagai macam program berorientasi pada kebutuhan siswa berupa Audio / Video, Games, Graphics, Internet, dan beberapa kategori lainnya. Sebuah “Cloud Menu” berisikan aplikasi komputasi awan yang lengkap untuk membantu berbagai tugas, dan jarang ditemukan di tempat lain.

Video Ulasan UberStudent:

  • Bio-Data: UberStudent – Linux for Learners
  • Pengembang: UberStudent EdTech dan komunitas kontributor
  • Sitem Operasi: Unix-like berbasis Ubuntu LTS
  • Target pengguna: Perguruan tinggi, Paska Sarjana, Peneliti, pembelajar seumur hidup,
  • Versi Kernel: Linux 3.5
  • Lingkungan desktop Default: XFCE 4.10; MATE 1.4
  • Lisensi: Utama GNU GPL; beberapa lisensi doftware bebas dan sedikit lisensi proprietari.
  • Situs resmi: uberstudent.com, uberstudent.org, dan uberstudent.net