SD memory card

Kartu Secure Digital

Variasi ukuran fisik Kartu SDKartu Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Dia digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam pintar, seperti juga pada SBC (single-board computer). Kartu SD yang dikembangkan oleh berbagai merek (ada sekitar 400an merek) diturunkan dari Kartu Multi Media (MMC) yang sudah ada terlebih dahulu. Dibandingkan MMC, selain memiliki sistem pengamanan yang lebih baik, kartu memori SD (SD Card) bisa dibedakan dari MMC dari fisiknya yang memiliki ukuran yang lebih tebal dibandingkan kartu MMC standar.

Seiring dengan pengembangannya memenuhi kebutuhan perangkat yang lebih kompak, maka kartu memori SD juga diproduksi dalam dua variasi ukuran fisik yang lebih kecil, yaitu MiniSD dan MicroSD atau juga TransFlash (T-Flash). Diantara keluarga kartu memori SD dibedakan kecepatan transfer data berdasarkan standarisi oleh Asosiasi SD, yaitu kecepatan biasa (150 KB/s) dan kecepatan yang lebih tinggi. Kartu SD berkecepatan-tinggi biasanya diperlukan untuk untuk merekam dan memancarkan video streaming agar berjalan lancar.

Ketentuan Class dan Kecepatan Kartu Memori SD

Micro SD Class 10Produsen kartu memori SD menggunakan berbagai jenis teknologi memori flash untuk membuat kartu memori SD, sehingga kecepatan transfer yang sebenarnya dapat bervariasi. Variasi berbagai kecepatan tersebut menyulitkan konsumen dalam menentukan kartu yang mana akan memberikan rekaman streaming konten yang handal. Terutama pada perekaman video definisi tinggi diperlukan minimal kecepatan tulis konstan yang tinggi untuk memastikan kelancaran pemutaran. Asosiasi SD (SD-Association) telah mendefinisikan standar Kelas Kecepatan (Class) ditunjukkan dengan simbol kecepatan pada kartu SD untuk membantu konsumen mengambil keputuskan, kartu mana yang akan memberikan kinerja minimum yang diperlukan untuk menjamin keandalannya.

Kelas Kecepatan (Class) merujuk pada kinerja menulis minimum untuk merekam video. Kelas-kelas kecepatan yang didefinisikan oleh Asosiasi SD adalah Class 2, 4, 6 dan 10 (Nilai Class lebih besar adalah lebih cepat dan umumnya juga lebih mahal).

Class 2 adalah kartu SD yang paling lelet. Class 2 memiliki kecepatan tulis sekitar 2 Mb s dan cocok untuk merekam video definisi standar. Class 4 dan Class 6 telah menulis dengan kecepatan  masing-masing sekitar 4 Mb s dan 6 Mbps, dan dapat digunakan untuk merekam video HD. Tiga kelas pertama (2, 4, 6) dari kartu SD ini dirancang untuk beroperasi di bawah antarmuka bus normal. Sementara itu kartu SD Class 10 yang mampu menulis dengan kecepatan mulai dari 10 Mb/s ke atas, telah dirancang untuk beroperasi di bawah bus interface kecepatan tinggi.

Aplikasi berikut perangkat yang digunakan, pada umumnya yang menentukan persyaratan kecepatan dan persyaratan minimum Class untuk mendapatkan kinerja yang optimal. Jika (aplikasi) perangkat host Anda misalnya memerlukan Kecepatan Kelas 4 kartu memori SD, maka Anda dapat menggunakan kartu memori SD dengan Kelas Kecepatan 4, 6 atau 10. Jika perangkat host Anda memerlukan Kecepatan Class 6 kartu memori SD, Anda dapat menggunakan Kelas Kecepatan 6 atau 10 kartu memori SD.

Raspberry Pi dan Kelas SD

NOOBS SD-CardKomputer kecil Raspberry Pi (RasPi) tidak berfungsi tanpa kartu memori SD yang diperlukan untuk menyimpan program dan data (konten). Tergantung pada aplikasi yang dijalankan dan kualitas pembuat (merek) kartu SD, RasPi sudah dicoba dan berfungsi menggunakan kartu mulai Class 4. Kelas yang lebih tinggi atau lebih cepat diperlukan bila digunakan untuk aplikasi tertentu seperti untuk Multi Media Center sebaiknya menggunakan Class 10 untuk menjamin kualitas dari suplai video streaming.

Fragmentasi dan Kecepatan

Memori kartu dibagi dalam unit-unit memori kecil. Perangkat akan menulis data ke unit memori di mana belum ada data yang sudah tersimpan. Seiring dengan penggunaan normal baca dan tulis, memori yang tersedia menjadi terbagi dan terpecah-belah menjadi unit yang lebih kecil. Hal ini menyebabkan peningkatan pembagian non-linear, atau penyimpanan yang terfragmentasi. Meningkatnya jumlah fragmentasi adalah berbanding terbalik dengan menurunnya kecepatan menulis. Penggunaan standar kartu memori SD denga Class yang lebih tinggi dari pada ambang yang dibutuhkan dapat membantu mengimbangi kedodoran kecepatan akibat dari adanya fragmentasi.