Scrum

Scrum adalah model sebuah proses rekayasa Agile atau pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan empiris, bertahap dan berulang. Hal tersebut didasarkan pada pandangan bahwa proyek pengembangan software modern terlalu kompleks untuk diprediksi secara konsisten. Scrum mencoba untuk mengurangi kompleksitas dengan tiga prinsip yaitu:

  • Transparansi: Kemajuan dan hambatan sebuah proyek setiap hari dan seterusnya terpantau oleh semuanya.
  • Verifikasi: Dengan interval teratur dilakukan penyerahan dan penilaian terhadap fungsi produk yang dikembangkan.
  • Adaptasi: Persyaratan untuk produk bukan merupakan harga mati, tetapi setelah diserahkan dievaluasi kembali dan disesuaikan jika perlu.

Tujuan menggunakan Scrum adalah kecepatan penyelesaian produk yang berkualitas tinggi dengan biaya yang efektif, namun sesuai dengan visi awal yang telah dirumuskan. Pelaksanaan konversi dari visi ke dalam sebuah produk tidak disusun sangat detil dalam daftar persyaratan yang kemudian dieksekusi secara bertahap, melainkan dengan formulasi yang jelas dari perspektif pengguna berupa User Stories. Pelaksanaannya, kemudian dilakukan dalam interval dua sampai empat minggu secara berulang dan bertahap berupa sebuah Sprint. Pada akhir setiap sprint adalah penyerahan fungsi (software) yang “selesai” sebagai peningkatan produk yang berpotensi untuk diserahkan kepada pelanggan.

Metodologi Scrum