Scratch

Scratch Programming languageScratch adalah sebuah bahasa pemrograman untuk lingkungan belajar yang memungkinkan pemula untuk mendapatkan hasil, tanpa harus belajar menulis sintaksis yang benar terlebih dahulu.

Scratch yang kali pertama dirilis pada tahun 2007 merupakan bahasa pemrograman visual berorientasi pendidikan dengan lingkungan pengembangan yang erat hubungannya dengan platform komunitas online. Dalam komunitas online anak-anak dapat memrogram dan berbagi media interaktif berupa cerita, game dan animasi dengan anggota komunitas lainnya dari seluruh dunia.

Anak-anak yang berkreasi menggunakan Scratch dapat belajar untuk berpikir kreatif, berkolaborasi dan mengetahui alasannya secara sistematis. Dengan demikian diharapkan, pendatang baru, – khususnya anak-anak dan ABG, – menjadi akrab dengan konsep dasar pemrograman komputer. Di bawah motto “imagine, program, share“, peserta dapat merancang, mengembangkan, dan berbagi menggunakan aplikasi Scratch yang kreatif. Mengeksplorasi sambil menciptakan sendiri game dan multimedia, kemudian berbagi dan mengembangkannya lebih lanjut merupakan motivator bagi peserta.

Bahasa pemrograman ini dirancang oleh Mitchel Resnick di Massachusetts Institute of Technology yang mengelola TK “Lifelong Kindergarten group” di MIT Media Lab. Scratch adalah open source dibawah lisensi GPL v2. Situs web: scratch.mit.edu.