Raspberry Pi

Raspberry Pi adalah sebuah komputer papan tunggal (single-board computer) atau SBC berukuran kartu kredit. Ia merupakan komputer yang lengkap dan dari penampilannya (tanpa kotak) seolah mainan bagi  penggemar (hobi) utak-atik elektronik. Sejatinya Raspberry Pi telah dilengkapi dengan semua fungsi layaknya sebuah komputer lengkap, menggunakan SoC (System-on-a-chip) ARM yang dikemas dan diintegrasikan diatas PCB (papan sirkuit) dengan dimensi 5.5cm x 8.5cm dan ketinggian 2cm. Sifatnya yang kompak, lengkap, multi-guna, mudah dioperasikan dan didukung oleh komunitas yang aktif dari seluruh dunia, merupakan kunci dari suksesnya Raspberry Pi.

raspberrypi_pin1_300Dengan harga yang terjangkau, mesin kecil yang sepenuhnya dibangun dengan semangat Open Source dan ditenagai oleh sistem operasi Linux ini, dalam waktu singkat telah digandrungi oleh lebih dari satu juta pengguna, baik untuk pengembangan hobi, maupun untuk merealisasikan proyek-proyek profesional.

Hal yang paling menarik dari fenomena “Raspsberry Pi” adalah kemampuannya untuk menyambungkan komunitas awam dengan komunitas para penggemar penggemar atau hobi “ngoprek” dalam memuluskan ide-ide mereka menjadi sebuah realita.

Sebagai sebuah IoT (Internet of Things), dengan cepat dan mudah Raspsberry Pi dapat start-up dan berselancar di internet, atau untuk menulis program seperti layaknya sebuah kit pengembangan SDK (Software Development Kit) untuk alat tersebut, untuk mengontrol perangkat eksternal atau menjalankan robot dan seperti tujuan awal dari proyek Raspsberry Pi ini, yaitu untuk membangkitkan daya tarik bagi anak-anak sekolahan agar aktif menggeluti dunia teknologi informatika.

RaspberryPi dan Asesoris