Python

Python logoPython adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas dengan sintaksis kode yang jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar dalam jumlah yang besar dan komprehensif.

Python mendukung pemrograman multi paradigma, yang mengutamakan, namun tidak terbatas pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fitur yang tersedia pada Python adalah berupa bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori yang bekerja otomatis. Seperti ditemukan pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, Python pada umumnya digunakan sebagai bahasa skrip, walaupun pada praktiknya penggunaan bahasa ini mencakup konteks lebih luas dengan pemerdayaan dalam bidang yang umumnya tidak lazim dilakukan menggunakan bahasa skrip. Disamping digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak, Python dapat dijalankan di atas berbagai platform sistem operasi, termasuk: Linux / Unix, Windows, Mac OS X, Java Virtual Machine, OS/2, Amiga, Palm, dan Symbian.

Python menerapkan beberapa jenis lisensi yang berbeda (tergantung versi), namun pada prinsipnya di distribusikan untuk dipergunakan secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial. Lisensi Python tidak bertentangan baik terhadap definisi OSS (Open Source Software) maupun General Public License (GPL)

Beberapa fitur yang dimiliki Python antar lain:

  • memiliki kepustakaan yang luas; dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul ‘siap pakai’ untuk berbagai keperluan.
  • memiliki tata bahasa yang jernih dan mudah dipelajari.
  • memiliki aturan layout kode sumber yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali dan penulisan ulang kode sumber.
  • berorientasi obyek.
  • memiliki sistem pengelolaan memori otomatis (garbage collection, seperti java).
  • modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru; modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++.
  • memiliki fasilitas pengumpulan sampah otomatis: seperti halnya pada bahasa pemrograman Java, Python memiliki fasilitas pengaturan penggunaan ingatan komputer sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan ingatan komputer secara langsung.
  • memiliki banyak faslitas pendukung sehingga mudah dalam pengoperasiannya.

(sumber id.wikipedia.org)