PiBang Linux

PiBang Linux adalah distribusi Linux untuk komputer mini Raspberry Pi. Terinspirasi oleh CrunchBang Linux dan dibangun berdasarkan pada Debian GNU/Linux dan proyek Raspbian. PiBang Linux menyediakan desktop ringan Openbox dan antarmuka pengguna yang dapat dikonfigurasi dengan mudah.

PiBang Linux untuk Raspberry Pi

Distribusi Linux berbasis Raspbian ini dikembangkan oleh “Super” Nathan Weber. PiBang merupakan turunan CrunchBang Linux yang dibuat oleh Philip Newborough, dikapalkan telah terkonfigurasi dan menyertakan banyak script dan pipemenus yang diturunkan dari Raspi-config, namun telah dilakukan peningkatan fungsi seperti untuk melakukan perubahan pengguna dan nama host.

PiBang juga merupakan salah satu distribusi untuk Raspberry Pi yang lengkap, menyertakan set paket aplikasi komplit termasuk Abiword, OMXPlayer, GIMP, Geany, Gnumeri dan VLC.

Berbeda dengan Raspbian, proyek PiBang tidak mengenegahkan fitur pendidikan. Dua tujuan utama pembuatannya adalah, pertama untuk menyediakan edisi server yang sederhana dan dapat diandalkan. Hal ini dibutuhkan untuk proyek-proyek keren dan kedua membersihkan fitur-desktop desktop Raspbian dengan beban nerat dengan banyaknya aplikasi pendidikan. Semua program yang beorientasi pendidikan seperti Scratch ditanggalkan, sementara program yang berguna untuk pengguna non-pendidikan diinstalasi.

Bagaimanapun juga, PiBang masih menggunakan sumber daya yang berasal dari Raspbian, sehingga masih tetap kompatibel. Setiap program yang telah ditambahkan atau diubah TIDAK akan terpengaruh oleh update reguler. Berkat sumber yang sama, pengguna dengan sendirinya mendapatkan stabilitas yang sama seperti yang ditawarkan Rasbian, namun dengan fungsi yang disempurnakan. Bila pengguna membutuhkan desktop yang cepat dan powerful atau edisi server yang ringan dan cepat, maka PiBang merupakan pilihan yang baik.