PHY (Physical Layer)

phy_rtl8201cl_200PHY (Physical Layer) adalah istilah yang digunakan dalam komputer dan peralatan komunikasi. Ia berupa sirkuit terpadu khusus atau kelompok fungsional dari sebuah sirkuit tersebut, yang bertanggung jawab untuk encoding dan decoding data antara sistem murni digital dan analog termodulasi. PHY merupakan istilah dari antarmuka fisik, dan dapat ditemukan misalnya, pada diagram sirkuit kartu Ethernet, dimana sebuah modul Ethernet controller terintegrasi penuh telah dibangun menggunakan komponen PHYceiver .

Sebuah semikonduktor PHY biasanya digunakan pada perangkat Ethernet, yang bertugas sebagai akses digital ke saluran operasi termodulasi. Porsi ini biasanya ditemukan terintegrasi di lapisan MAC (media access control) pada implementasi SoC (System-on-a-chip). Aplikasi-aplikasi nirkabel serupa juga ditemukan pada 3G/4G/LTE, WiMAX, dan lainnya.

Contoh lain penerapan PHY adalah spesifikasi transmisi data inframerah IrDA yang berisi deskripsi IrPHY untuk lapisan fisik transportasi data.

PHY juga merupakan dingkatan umum untuk lapisan fisik dari model OSI.