PCLinuxOS

PCLinuxOS untuk kali pertama diumumkan pada tahun 2003 oleh pengembang Bill Reynolds, yang akrab dikenal dengan nama samaran “Texstar”. Sebelumnya Texstar telah dikenal baik di komunitas pengguna Mandrake Linux sebagai pengembang dan penyedia paket-paket aplikasi bebas dan up-to-date untuk publik.

PCLinuxOS 2013.02PCLinuxOS-2013.04

Pada tahun 2003 Texstar memutuskan membangun distribusi Linux baru. Awalnya menggunakan Mandrake Linux (versi 9.2) sebagai basis pengembangannya, namun Texstar menambahkan dan meningkatkan usabilitasnya secara signifikan, dengan tujuan utama agar distro yang dibangunnya ramah terhadap pemula. PCLinuxOS sejak awal dibekali dengan dukungan out-of-the box seperti komponen kernel proprietari, plugins untuk browser dan media codecs agar langsung bisa memutar video dan musik. Distro yang dirancang Texstar memiliki fungsi Live CD agar dapat dicoba sebelum menanamkannya di hardisk, dan menyertakan installer sederhana dengan penampilan grafis yang intuitif.

Beberapa tahun berlalu PCLinuxOS dalam ujicoba sampai akhirnya terwujud apa yang diinginkan oleh Texstar. PCLinuxOS telah popular digunakan walaupun versi final belum dilahirkan. Urutan rilis dinomori berturut-turut sebagai “pra pertunjukan” (preview) yaitu p5, p7, P8 hingga p81a, kemudian P9, p91, p92, dan p93.

Sejak tahun 2007 bersama dengan peluncuran PCLinuxOS 2007 pada tanggal 21 Mei 2007, PCLinuxOS telah menukar landasannya ke Mandriva Linux 2007 yang lebih modern dan memerlukan perombakan sistem secara menyeluruh. Mulai versi ini PCLinuxOS tampil baru dengan efek 3D berikut logo yang dirancang baru dan ditampilkan di layar boot.

Dalam hal usabilitas, proyek yang utamanya menggunakan lingkungan desktop KDE ini, menawarkan dukungan out-of-the-box untuk banyak teknologi agar memudahkan pengguna Windows untuk berpaling dan migrasi ke sistem Linux yang membawa fitur-fitur tak asing bagi calon pengguna baru, umumnya dari lingkungan pengguna Windows.

Lumbung repositori pun, lambat laun dipenuhi dengan software aplikasi yang umum dibutuhkan, disamping juga terdapat aneka lingkungan desktop jenis lainnya. Untuk mengkonfigurasi sistem, PCLinuxOS menggunakan Control Centre berasal dari Mandriva Linux yang dianggap telah sempurna, namun sistem pengelola paketnya but (package management system) diganti dengan APT dan Synaptic, sebuah pengelola paket dengan antarmuka grafis.

Edisi yang diterbitkan PCLinuxOS, baik resmi maupun yang berasal dari komunitas termasuk edisi KDE, KDE Full Monty, KDE Minime, LXDE, LXDE Mini, Openbox, Openbox Bonsai, Phinx, Phoenix.

Bio-data PCLinuxOS:

  • Pengembang: Bill Reynolds (“Texstar”)
  • Sitem Operasi: Unix-like (awalnya berbasis Mandriva)
  • Rilis perdana: Oktober 2003
  • Desktop standar: KDE Plasma Desktop
  • Situs resmi: http://www.pclinuxos.com