PC-BSD

PC-BSD 9 IsotopePC-BSD, atau PCBSD adalah sistem operasi mirip Unix (Unix-like) dengan orientasi desktop, dibangun berdasarkan rilis yang sama dari FreeBSD. Ia diciptakan demi kemudahan dalam menginstal menggunakan program instalasi berbasis grafis. Disamping kemudahan instalasi, PC-BSD menawarkan stabilitas dan keamanan yang tinggi, setara dengan sistem operasi yang menggunakan BSD sebagai landasannya.

PC-BSD menyediakan serangkaian lingkungan desktop seperti KDE SC, LXDE, XFCE, GNOME2 dan E17 sebagai antarmuka pengguna grafis. Secara resmi mendapatkan dukungan driver biner dari nVidia dan Intel untuk akselerasi hardware dan opsi antarmuka desktop 3D melalui Kwin. Berbekal Wine, desktop ini siap untuk digunakan menjalankan perangkat lunak aplikasi Microsoft Windows.

Untuk memenuhi hal tersebut, PC-BSD menyediakan antarmuka grafis yang memandu pengguna pada proses instalasi, dan memudahkan pemula sistem UNIX untuk menanamkannya ke harddisk. PC-BSD juga megengmas desktop KDE yang telah dikonfigurasi awal, disamping komponen untuk video, sound, dan networking yang siap pakai dan langsung goyang. Sebuah pengelola software khusus dengan antarmuka grafis berupa “Push Button Installers (PBI)” merupakan aplikasi yang penting untuk memanjakan pengguna PC-BSD, dan memungkinkan pemasangan (install) paket software dengan mudah.

Bersama PC-BSD, pengembangnya ingin memastikan supaya pengguna hemat waktu, dan tidak perlu berurusan dengan virus atau spyware, sehingga tersedia lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang produktif pada komputer Anda.