OpenStreetMap

OpenStreetMap adalah proyek bebas yang mengumpulkan data spasial dan dapat digunakan secara bebas (Open Data). Data tersebut digunakan untuk membangun peta dunia dan peta-peta khusus yang diturunkan dan dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan termasuk navigasi. OpenStreetMap memungkinkan siapa saja untuk melihat, mengedit dan menggunakan data geografis yang telah dibangun secara kolaboratif dari mana dan oleh siapa saja di permukaan bumi.

OpenStreetMap

Inti dari proyek ini adalah berupa sebuah database geografis mirip Wiki yang dapat dimanfaatkan secara bebas berdasarkan Lisensi Open Database. Dengan demikian, pemanfaatkan untuk keperluan untuk di cetak, website dan untuk aplikasi perangkat lunak seperti navigasi tidak dibatasi maupun ditarik biaya, asalkan menyebutkan OpenStreetMap sebagai sumber data. OpenStreetMap tidak lain merupakan Wikipedia untuk data pemetaan dunia.

Proyek OpenStreetMap diluncurkan di London oleh Steve Coast pada bulan Juli 2004. Sejak saat itu, telah bergabung relawan dari berbagai negara, baik dalam pengembangan perangkat lunak, maupun untuk pengumpulan dan pengolahan data spasial. Infrastruktur sistem yang kali pertama dibangun telah siap untuk digunakan dalam pengumpulan data spasial untuk pemetaan secara luas, tercatat sejak bulan Maret 2006. Pada bulan Juli 2006 sudah terdaftar sekitar 2500 pengguna, dan telah tersedia sekitar sembilan juta waypoints di dalam database OpenStreetMap. Setahun kemudian, jumlah relawan meningkat hampir empat kali lipat, sementara peningkatan data menjadi sepuluh kali lipat.

Yayasan OpenStreetMap didirikan pada bulan April 2006 dengan tujuan untuk mengumpulkan sumbangan dan membentuk komite untuk pengambilan keputusan dan tanggung jawab terhadap proyek tersebut. The OpenStreetMap Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba (not-for-profit) yang berkiprah internasional. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk membuat, mendistribusikan, memperbesar dan meningkatkan kualitas data geografis, seraya menyediakan layanan data spasial untuk dimanfaatkan publik secara bebas.

OpenStreetMap mencatat pada bulan Maret 2009 lebih dari 100.000 pengguna dan telah melampaui satu juta pada pertengahan Januari 2013. Pada bulan Desember 2013, jumlah pengguna dilaporkan mendekati 1,5 juta, tersedia lebih dari 3,7 miliar poin GPS, berikut 2,1 miliar simpul (node), 210 juta jalanan dan 2,3 juta data penghubung terkait.