Open Source

Open Source Initiative logo-90Open Source atau sumber terbuka adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu atau lembaga terpusat. Para pelaku bekerja sama memanfaatkan kode sumber (source-code pada pengembangan software) dan sumber daya publik lainnya yang tersebar dan tersedia bebas berupa rancangan sebuah produk bebas (biasanya disampaikan menggunakan fasilitas komunikasi internet).

Pola pengembangan seperti ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source memiliki komunitas dengan ciri yang berawal dari hasrat dan budaya memberi dan menerima. Pada saat komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk mengembalikannya kepada publik berupa kontribusi yang serupa.

Pola Open Source lahir karena kebutuhan asasi akan kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan telah dijadikan panglima atau dasar pertimbangan utama ketika produk dan ide dilepaskan ke publik. Komunitas yang lain mendapatkan kebebasan untuk belajar, mengolah inspirasi yang diterima, mengutak-atik, merevisi ulang, membenarkan ataupun menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, dan bukannya dibebaskan dari tanggung jawab. Khusus untuk perangkat lunak, definisi sumber terbuka aslinya dituangkan dalam OSD (Open Source Definition) sebagai sebuah definisi sumber terbuka yang sah.