Linux gaming

Linux Gaming 300Linux gaming mengacu pada bermain atau mengembangkan video game pada sistem operasi berbasis (kernel) Linux. Game untuk Linux mencakup semua titel games yang jalan diatas sistem operasi Linux, baik yang menerapkan lisensi bebas dan open source, maupun yang berlisensi komersial atau proprietari dan menerbitkan versi untuk Linux. Perangkat game seperti pada Pandora gaming console, demikian juga distribusi Linux yang khusus berorientasi dan mengemas koleksi games seperti distro SuperGamer dapat dimasukkan dalam kategori ini. Linux gaming juga terkait dengan gaming di platform Android, walaupun terdapat perbedaan kelompok industri pada kedua sistem tersebut.

Sejauh pengembangan yang terkait, dukungan perpustakaan untuk Linux gaming disediakan oleh OpenGL, ALSA, OpenAL dan SDL, sebuah cross-platform multimedia wrapper seputar sistem perpustakaan terkait, seperti juga Pygame. Proyek DRI menyediakan driver kartu video open source, sementara NVIDIA dan ATI juga merilis modul kernel biner untuk kartu video mereka.

Linux juga berjalan pada beberapa konsol game, termasuk Xbox, PlayStation 2, PlayStation 3, GameCube, dan Wii yang memungkinkan pengembang game mengakses hardware konsol, tanpa pengembangan kit pengembangan game yang mahal. Sejumlah peripheral gaming juga mendukung Linux, seperti tetikus gaming besutan Roccat yang mengemas driver resmi untuk Linux dan bahkan menyediakan utilitas user-space perangkat lunak bebas. Beberapa tools untuk pengembangan game juga berjalan di Linux, termasuk Game Editor dan GtkRadiant.