LibreOffice

LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran besar seperti Microsoft Office atau OpenOffice.org dan tersedia untuk berbagai platform. Keberadaan LibreOffice adalah untuk menyediakan aplikasi perkantoran yang mendukung standar format ODF, yaitu standar terbuka tanpa bergantung format pemasok tertentu dan keharusan membayar biaya hak cipta.

Nama LibreOffice diturunkan dari gabungan kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sebagai sebuah perangkat lunak bebas dan bebas pungutan biaya liseni, LibreOffice bebas didistribusikan dan digunakan. LibreOffice merupakan proyek cabang dari pengembangan OpenOffice.org yang sejak tahun 2010 menjadi bagian dari produk Oracle.

Semua fitur yang tersedia di OpenOffice ditemukan LibreOffice dan disamping format terbuka ODF, juga mampu mengelola semua dokumen berasal dari hampir semua versi Microsoft Office. Suit LibreOffice mengandung serangkaian aplikasi padanan terhadap suit Microsoft Office, terdiri dari Writer (Microsoft Word), Calc (Microsoft Excel), Impress (Microsoft Powerpoint), Base (Microsoft Access), Draw (Microsoft Publisher) dan Math (Aplikasi Matematika).