KDE (K Desktop Environment)

KDE thumbKDE (K Desktop Environment) adalah free desktop environment and development platform dibangun menggunakan perkakas Qt dari perusahan Trolltech. Jalan hampir di semua sistem Unix dan Unix-like seperti Linux, BSD dan Solaris. Juga tersedia ports untuk Mac OS X menggunakan lapisan X11 layer dan Microsoft Windows menngunakan Cygwin.

Pengembangan KDE dipusatkan pada kemudahan menggunakan, stabilitas dan dukungan internasionalisasi (untuk banyak bahasa dunia) yang baik. KDE merupakan software bebas dan Open Source yang menyediakan semua perkakas untuk berbagai kalangan pengguna desktop komputasi moderen seperti untuk surel, peramban web, mengelola berkas, multimedia, dan games.

KDE juga merupakan platform pengembangan aplikasi yang dibangun menggunakan perkakas toolkit Qt dari Trolltech. KDE digunakan dan ditemukan pada berbagai sistem berlandasan Unix atau Unix-like, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X yang dijalan dengan bantuan lapisan X11, seperti juga pada Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin. KDE merupakan desktop bawaan dan default pada banyak distribusi Linux, termasuk OpenSUSE, Kubuntu, Mageia, Mandriva, OpenMandriva, ROSA-Desktop dan PCLinuxOS

Keunggulan KDE adalah pada kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan akan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan paket pengembangan perangkat lunak KDevelop, paket suit office berupa KOffice,.

Huruf “K” mulanya diturunkan dari kata “Kool”, namun kemudian disingkat menjadi “K” saja, yang dimaknai sebagai Aksara pertama sebelum ‘L’ (untuk Linux) dalam alfabet Latin. Huruf (k)eramat ini merupakan ciri (k)has dari penamaan aplikasi-aplikasi yang dikembang oleh proyek KDE yang nyaris semuanya mengandung huruf K.