IVI (In-Vehicle Infotainment)

In-Vehicle Infotainment (IVI) yang juga disebut In-Car Entertainment (ICE), adalah koleksi perangkat yang ditanamkan di kendaraan bermotor untuk menyediakan hiburan audio dan visual, termasuk sistem navigasi (SatNav) dan alat bantu lainnya. Pengembangan sistem IVI terintegrasi yang menyediakan hiburan dan konten informasi, awalnya didorong oleh Intel menggunakan prosesor Atom, Microsoft dengan platform Windows Embedded Automotive 7, dan Linux Foundation dengan Aliansi GENIVI beranggotakan sejumlah produsen mobil.

In-Vehicle Infotainment

Tugas khas dan apa yang dapat dilakukan dengan sistem IVI, disamping mengelola dan memutar konten audio, adalah termasuk navigasi untuk mengemudi, menyediakan konten hiburan pada penumpang seperti film, game, jejaring sosial, mengirim dan menerima pesan SMS, membuat panggilan telepon, dan mengakses konten internet atau smartphone-enabled untuk memantau kondisi lalu lintas, prakiraan cuaca dan informasi tentang even olahraga maupun pameran dan lainnya ditempat tujuan.

Sistem In-Vehicle Infotainment (IVI) menerapkan aneka teknologi yang juga dijumpai di telepon pintar (smart phone) seperti Bluetooth untuk membantu pengemudi mengontrol sistem dengan perintah suara, input touchscreen, termasuk kontrol atau pengendali fisik. Sejumlah pembuat kendaraan bermotor juga telah mengadopsi IVI, dan ditemukan di mobil-mobil buatan Ford (SYNC dan MyFord Touch), Toyota (Entune), Kia Motors (UVO), Cadillac (CUE) dan Fiat (Blue&Me).

Hampir semua sistem IVI generasi awal berbeda satu dengan lainnya, baik dari sisi platform maupun teknologi. Hal itu kemudian disadari telah menjadi hambatan penerimaan masyarakat dan penyebarannya secara luas. Untuk memungkinkan standarisasi, sejumlah pembuat kendaraan bermotor bergabung dalam sebuah aliansi membentuk GENIVI Aliance, yaitu sebuah konsorsium nirlaba dengan tujuan menyediakan sistem operasi berbasis Linux yang kompetitif secara global, mengembangkan middleware dan platform untuk otomotif yang menunjang industri sistem In-Vehicle Infotainment (IVI).

Video: Intel IVI (November 2010)

Referensi: IVI Ajak Mobil Anda Go Open Source