Git

git 90Git adalah perangkat lunak pengontrol versi (Versioning Control System) pada proyek pengelolaan kode sumber. Git diciptakan oleh Linus Torvalds yang terinspirasi oleh aplikasi sejenis: BitKeeper dan Monotone. Awalnya ditujukan untuk pengembangan kernel Linux, sebagai sebuah mesin tingkat rendah menggunakan front end pihak ketiga seperti Cogito atau StGIT.

Kemudian proyek inti Git ternyata berkembang menjadi pengontrol revisi yang lengkap dan dapat digunakan secara langsung. Sejumlah pengembangan perangkat lunak terkenal saat ini menggunakan Git sebagai pengontrol revisinya, antara lain kernel Linux, Server X.org, pengembangan inti OLPC (One Laptop per Child), serta kerangka kerja web Ruby on Rails. Git dapat dijalankan nyaris di semua sistem Unix moderen seperti Linux, Solaris, Mac OS X, FreeBSD, DragonFly BSD, NetBSD, OpenBSD, AIX, IRIX dan Haiku. Dibawah Microsoft Windows dapat digunakan bersama klien dari GitHub, atau dengan bantuan lingkungan Cygwin, disamping menggunakan Msysgit atau ekstensi TortoiseGit-Shell (sejenis dengan TortoiseSVN). Git dirilis dibawah Lisensi bebas GNU/GPL versi 2.

buku pro-gitVersion control adalah sebuah sistem yang mencatat setiap perubahan terhadap sebuah berkas atau kumpulan berkas sehingga pada suatu saat anda dapat dikembalikan kepada salah satu versi dari berkas tersebut. Sebagai contoh berkas adlah kode sumber perangkat lunak yang akan dilakukan version controlling, meskipun pada kenyataannya anda dapat melakukan ini pada hampir semua tipe berkas ada di komputer.

Baik seorang desainer grafis atau desainer web yang ingin menyimpan setiap versi dari gambar atau layout yang dibuat, maka Version Control System (VCS) merupakan sebuah solusi bijak untuk digunakan. Sistem ini memungkinkan untuk mengembalikan berkas ke kondisi sebelumnya, mengembalikan seluruh proyek pada keadaan sebelumnya, membandingkan perubahan di setiap saat, melihat siapa yang terakhir melakukan perubahan pada suatu objek yang mungkin berpotensi menimbulkan masalah, siapa yang menerbitkan isu, dan lainnya. Dengan menggunakan VCS berarti kekacauan atau kehilangan berkas, dapat dengan mudah dikembalikan.

Baca selebihnya buku tentang Git dalam bahasa Indonesia

What is Version Control?

What is Git?