GENIVI

GENIVI® adalah aliansi industri non-profit yang berkomitmen untuk mendorong adopsi secara luas platform pengembangan open source IVI (In-Vehicle Infotainment). Aliansi ini bertujuan untuk menyelaraskan kebutuhan, disamping menyediakan referensi implementasi, dan menawarkan program sertifikasi, seraya memupuk komunitas IVI open source yang bergulir.

GENIVI Alliance didirikan pada tanggal 2 Maret 2009 oleh BMW Group, Delphi, GM, Intel, Magneti-Marelli, PSA Peugeot Citroen, Visteon, dan Wind River Systems. Pada 2 Agustus 2011, aliansi GENIVI meluncurkan sebuah program kepatuhan (compliance program) yang mencatat semua platform infotainment yang menghormati “GENIVI Software Architecture.” Dan pada tanggal 19 September 2012, aliansi GENIVI meluncurkan proyek perangkat lunak open source untuk publik. Proyek yang diselenggarakan oleh Linux Foundation ini, merupakan wadah untuk perangkat lunak yang dibuat oleh Aliansi.

Sejak didirikan, aliansi ini telah berkembang secara luas dan lebih dari 180 anggota aliansi kini bekerja sama secara global untuk menyediakan sebuah platform perangkat lunak terbuka dan konsisten berbasis Linux untuk digunakan oleh seluruh industri otomotif.

Awalnya aliansi GENIVI menggunakan Moblin dengan Qt sebagai dasar pada “GENIVI 1.0 Reference Platform” untuk IVI dan sistem navigasi otomotif dan menyeragamkan platform komputasi otomotif. Kemudian pada bulan April 2010, Graham Smethurst dari GENIVI Alliance dan BMW Group mengumumkan peralihan dari Moblin ke platform MeeGo.

Simak juga: IVI Ajak Mobil Anda Go Open Source