FreeBSD

Secara tidak langsung FreeBSD adalah turunan dari sitem UNIX AT&T melalui Berkeley Software Distribution (BSD) yang memiliki sejarah cukup turbulen sejak keberadaannya pada tahun 1993.

FreeBSD

Berbeda dengan sebuah distribusi Linux yang dibangun berupa gabungan dari kernel Linux dan ribuan software applikasi pihak ketiga menjadi sebuah solusi, maka FreeBSD disisi lain telah didefinisikan sejak awal sebagai sebuah solusi yang terintegrasi, berupa sistem operasi yang komponennya satu dengan lainnya berhubungan erat dan dibangun diatas kernel BSD berikut lingkungan yang disebut “userland“. Dengan demikian, tidak seperti Linux (hanya kernel), sistem keluaraga BSD (FreeBSD) sudah dapat dimanfaatkan langsung tanpa perlu aplikasi ekstra.

Namun ketika sistem ini telah ditanamkan pada sebuah sistem komputer, ia relatif mudah dapat ditambahkan (seperti halnya pada Linux) dengan aplikasi-aplikasi lainnya dari koleksi software pengembang pihak ketiga (umumnya open source) yang tersedia dalam jumlah yang sangat besar, sekaligus memperluas lingkup dari core FreeBSD.

FreeBSD dikembangkan dengan reputasi sebagai sebuah sistem operasi yang cepat, kinerja tinggi dan ekstrim stabil, terutama digunakan untuk server web dan sejenisnya. Cukup banyak misalnya sistem mesin pencari (web search engines) skala besar dan organisasi dengan infrastruktur komputasi mission-critical yang telah menggunakan FreeBSD bertahun-tahun pada sistem komputer mereka.

Lisensi yang diberlakukan untuk FreeBSD, dibandingkan dengan lisensi yang dianut Linux, FreeBSD didistribusikan dengan syarat dan ketentuan yang jauh lebih bebas. Pada hakekatnya FreeBSD boleh “diapakan saja” terutama mendaur ulang kode pemrograman untuk kepentingan apapun tanpa perlu imbalan. Bahkan Mac OS X dari Apple diketahui memanfaatkan kode berasal darI pengembang FreeBSD yang lebih ikhlas. Pengembang FreeBSD yang cukup produktif telah memiliki, disamping core sistem operasi, juga sekitar lebih dari 21 ribu software aplikasi berupa binari dan kode sumber yang dengan relatif mudah dipasang diatas core FreeBSD.

Sementara FreeBSD standar dapat juga dijadikan sebuah desktop dengan menambahkan lingkungan desktop yang diinginkan, namun kurang menarik bila dibandingkan apa yang ditawarkan oleh lingkungan Linux.  FreeBSD tergolong sistem untuk pengguna tingkat lanjut dengan installer modus teks, dan pendeteksian hardware tidak bisa menandingi Linux, memerlukan banyak utak-atik selama setup dan konfigurasi paska instalasi. Sebagai alternatif untuk desktop berlandasan FreeBSD adalah PC-BSD atau GhostBSD berupa LiveDVD berikut Gnome.
FreeBSD menerbitkan media instalasi untuk arsitektur dan perangkat yang menggunakan AMD64 (x86_64), ARM/ARMEL, i386, IA64, MIPS/MIPSEL, PC98 PowerPC, SPARC64 dan untuk Xbox. Sebagai alternatif tersedia anggota keluarga BSD yang serumpun dengan FreeBSD, seperti OpenBSD, NetBSD, dan DragonFly BSD.