FPGA (Field Programmable Gate Array)

Sebuah Field Programmable Gate Array (FPGA) adalah sirkuit terpadu (IC) dalam teknologi digital, di mana rangkaian logika dapat diprogram. Nama bahasa Inggris dapat diterjemahkan sebagai: Rangkaian gate (logika) yang dapat diprogram di lapangan setelah manufaktur pada saat diaplikasikan.

Berbeda dengan pemrograman pada komputer atau program kontroler, istilah program di sini merujuk hanya sekunder pada penentuan urutan di komponen tersebut, termasuk juga pada definisi struktur fungsional. Dengan pemrograman struktur urutannya, pertama-tama fungsi dasar masing-masing blok universal dalam FPGA dan interkoneksi mereka satu dengan lainnya ditetapkan. Oleh karena itu juga disebut sebagai konfigurasi sebuah FPGA.

Konfigurasi FPGA umumnya ditentukan dengan menggunakan bahasa deskripsi perangkat keras (HDL), mirip dengan yang digunakan untuk sirkuit terpadu aplikasi-spesifik (ASIC). FPGA kontemporer memiliki sumber daya logika gate yang luas dan RAM blok untuk melaksanakan komputasi digital yang kompleks.

FPGA dapat digunakan untuk mengimplementasikan fungsi logis seperti pada ASIC sebelumnya. Kemampuan untuk dimodifikasi fungsinya setelah manufaktur, konfigurasi ulang sebagian dari porsi desain dan biaya rekayasa dasar yang relatif rendah dibandingkan ASIC, FPGA dapat menawarkan keuntungan pada banyak aplikasi.

 

FPGA di Kartu Tambahan Diatas Raspberry Pi

Aplikasi FPGA di Kartu Tambahan PIF Untuk Raspberry Pi