ERP (Enterprise resource planning systems)

Enterprise resource planning systems (ERPs) adalah sistem informasi manajemen yang mengintegrasikan dan mengotomasikan semua atau sejumlah proses bisnis dengan aspek operasi atau produksi dalam sebuah perusahan. ERP juga diturunkan dari material resource planning yang tipikal menangani manufacturing, logistics, distribution, inventory, shipping, invoicing, dan accounting dari perusahan.

Software ERP dapat membantu memantau dan mengontrol berbagai aktifitas bisnis seperti sales, delivery, billing, production, inventory management, dan human resources management. ERPs acapkali disebut back office systems mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik tidak dikaitkan langsung. Sementara sebaliknya sebuah front office systems seperti CRM atau customer relationship management systems melibatkan dan berinteraksi langsung dengan pelanggan.

ERPs memiliki fungsi silang disegenap bagian dari seluruh perusahan. Semua bagian dikaitkan dalam satu sistem, baik operasional maupun produksi. Kecuali itu ditambahkan bidang manufacturing, warehousing, dan shipping, semuanya termasuk: accounting, human resources, marketing, dan strategic management