Debian GNU/Linux

Debian adalah organisasi publik yang dikelola oleh Debian Project. Ia juga merupakan distribusi bebas (GNU/Linux) yang dikenal dan digunakan secara luas. Dikembangkan secara gotong royong melalui kolaborasi para pemrogram relawan tersebar di seluruh dunia.

Debian GNU/Linux

Sejak awal proyek ini telah merilis sistem operasi Debian GNU/Linux menggunakan kernel Linux berikut perkakasan dari proyek GNU. Debian dikenal sebagai Linux sejati dengan pengabdian yang konsisten dan tulus terhadap Unix dan pemikiran software bebas. Debian disegani (terutama) atas kontribusi yang sangat besar kepada dunia software bebas.

Dalam setiap rilis Debian GNU/Linux disertakan paling tidak limabelas ribu (2006) paket software seratus persen bebas dan siap pakai, yang mendukung 11 arsitektur komputer mulai dari ARM (banyak ditemukan di sistem embedded) Intel i386 dan yang lebih baru, Alpha, Intel IA-64, Motorola 68k, MIPS, PA-RISC, PowerPC, SPARC (dan UltraSparc), sampai dengan arsitektur komputer mainframe seperti IBM S/390 dan Hitachi SuperH, namun lebih popular digunakan di lingkungan PC moderen dengan platform x86 (intel).

Debian GNU/Linux digunakan sebagai basis dan inspirasi bagi ratusan distribusi Linux lainnya termasuk yang telah dikenal luas seperti Ubuntu, Knoppix, Kali Linux, SimplyMEPIS dan BlankOn, sistem-sistem operasi yang dikembangkan permerintahan seperti untuk kota Wina (Austria), Munich (Jerman) dan Extremadura (Spanyol).

Fakta ini membuat Debian menjadi ibu dari model pengembangan produk sumber terbuka dan paling depan di jajaran pengembangan distro-distro murni komunitas yang pernah ada. Secara teknis, pengembangan Debian GNU/Linux terbagi menjadi tiga cabang pengembangan utama (atau empat, apabila cabang bleeding-edge: “experimental” diperhitungkan) sebagai tahapan sebuah proses untuk meningkatkan level stabilitas yaitu: cabang “unstable” (acap disebut sebagai “sid”), kemudian “testing” dan akhirnya cabang “stable” yang siap untuk dirilis.

Debian juga piawai dalam hal sistem pengelolaan paket (package management system) APT. Menganut pemahaman sangat ketat terhadap kualitas dari paket-paket software yang dirilis dan sangat terbuka dalam proses pengembangan maupun proses pengujian (testing) untuk software yang dikembangkannya. Sistim ini dapat ditingkatkan secara berkesinambungan berkat kemampuan “upgrade” yang tidak sulit, tanpa perlu “rebooting”, termasuk proses instalasi dan penyingkiran (removal) terhadap paket-paket software tambahan.

Di Indonesia, tanpa banyak suara, Debian memiliki basis pengguna yang kuat dan luas. Debian juga selama bertahun-tahun merupakan basis untuk pelatihan dan kompetisi tingkat nasional di lingkungan pendidikan formal SMK.

Debian

Biodata Debian GNU/Linux:

  • Pengembang: Debian Project
  • Sistem Operasi: Unix-like
  • Rilis perdana: 16 Augustus 1993
  • Jumlah Bahasa: lebih dari 65
  • Sistem Update: APT (tersedia beberapa antar muka)
  • Package manager:    dpkg
  • Platform/Arsitektur: i386, AMD64, PowerPC, SPARC, ARM (termasuk Raspberry Pi, MIPS, S390, IA-64
  • Tipe Kernel: Monolithic (Linux, kFreeBSD), Micro (Hurd)
  • Userland: GNU
  • Desktop standar: GNOME
  • Situs resmi: www.debian.org