Crowdfunding

Crowdfunding (pembiayaan patungan alaternatif, crowdfunding ekuitas, kerumunan penggalangan dana) adalah upaya kolektif individu dalam jaringan patungan pengelolaan uang mereka [biasanya] melalui internet  (“Crowdfunding Sites”), untuk mendukung upaya pencapaian target tertentu yang diprakarsai oleh seseorang atau sebuah organisasi. Crowdfunding digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan, termasuk bantuan bencana, jurnalisme warga, dukungan seniman oleh fans atau pecintanya, kampanye politik, termasuk pendanaan perusahaan startup, pengembangan perangkat lunak bebas, pengembangan penemuan baru, implementasi ide dengan prototipe, penelitian ilmiah, dan aneka proyek sipil.

Crowdfunding

Crowdfunding juga dapat merujuk kepada pendanaan perusahaan dengan menjual sejumlah ekuitas kecil bagi banyak investor. Bentuk crowdfunding baru-baru ini (2013) mendapatkan perhatian dari para pembuat kebijakan di Amerika Serikat dengan mengkaitkan langsung pada UU JOBS, undang-undang yang memungkinkan untuk penggalangan dana yang lebih luas dari investor kecil dengan memangkas sejumlah pembatasan. Sementara UU JOBS menunggu implementasi, muncul model hibrida, seperti Mosaic Inc, menggunakan hukum sekuritas yang ada untuk mengaktifkan masyarakat di negara-negara yang menyetujui untuk berinvestasi langsung dalam proyek-proyek energi bersih (green) sebagai bagian dari kerumunan pendanaan.

Crowdfunding memiliki konsep yang bermula dari crowdsourcing, yang merupakan konsep lebih luas dari individu untuk mencapai tujuan dengan menerima dan memanfaatkan kontribusi kecil dari banyak pihak. Crowdfunding menerapkan konsep ini untuk pengumpulan dana melalui kontribusi kecil dari berbagai pihak dalam rangka untuk membiayai suatu proyek tertentu atau usaha yang lebih besar.

Model crowdfunding melibatkan berbagai peserta. Mereka termasuk orang-orang atau organisasi yang mengusulkan ide atau proyek yang akan didanai, sementara kerumunan peserta yang mendukung proposal tersebut. Crowdfunding didukung oleh organisasi (“platform”) berupa “Crowdfunding Sites” yang menyatukan pemrakarsa proyek dan kerumunan pendukung pendanaan. Forbes merinci top 10 Crowdfunding Sites yang berhasil, termasuk 1. Kickstarter; 2. Indiegogo; 3. Crowdfunder; 4. RocketHub; 5. Crowdrise; 6. Somolend; 7. appbackr; 8. AngelList; 9. Invested.in; 10. Quirky. (Sumber)

Crowdfunding Process