Cinnamon

cinnamon_mint_olivia

Desktop Cinnamon di Linux Mint

Sebuah antarmuka pengguna grafis sebaiknya yang didesain untuk disesuaikan dengan karakteristik dari perangkat periferal yang tersedia. Dalam hal ini Cinnamon terutama telah diselaraskan dengan perangkat keyboard dan tetikus, sementara juga dapat dioperasikan melalui layar sentuh. Hal ini berbeda dengan KDE Plasma Workspace yang hanya menyediakan GUI saja.

Cinnamon adalah lingkungan desktop bebas untuk Linux, merupakan sebuah proyek yang dimulai sebagai fork dari GNOME Shell untuk digunakan di Linux Mint dengan user interface yang menggabungkan konsep modern dari GNOME 3 dengan tradisi penggunaan GNOME 2 yang telah melekat di masyarakat. Kecuali Linux Mint, beberapa distribusi Linux lainnya juga telah bergabung di barisan Cinnamon.

Sejak versi GNOME 3 diluncurkan, desain dan konsep operasional baru yang diperkenalkannya ternyata tidak sesuai dengan harapan para pengembang Linux Mint dan sejumlah pengguna lainnya. Untuk menyiasati hal itu, disamping memayungi proyek MATE yang meneruskan pengembangan berupa fork dari GNOME 2, Linux Mint juga merasa perlu untuk mendapatkan kemampuan dan fitur moderen dari GNOME 3. Untuk itu dilakukan penyesuaian secara eksternal dengan diciptakan Mint GNOME Shell Extensions (MGSE). Penyesuaian MGSE ternyata terbatas, oleh karena itu, para pengembang Mint akhirnya memutuskan untuk mengembangkan fork sendiri dari GNOME 3 untuk kebutuhan mereka berupa Cinnamon (kayu manis). Perubahan yang paling mencolok dari Cinnamon adalah mendaur ulang taskbar yang telah menguap di GNOME 3 dan menuai banyak kritik.

Mulai Cinnamon versi 1.2 digunakan Window Manager Cinnamon Muffin, yaitu sebuah spin-off dari Mutter. Pengelola berkas yang cukup terkenal GNOME Nautilus juga divermak dan disertakan mulai versi Cinnamon 1.6 dengan nama Nemo.

Cinnamon disediakan tidak hanya untuk Linux Mint. Dari situs proyek Cinnamon dapat dipasang untuk beberapa distribusi Linux seperti Ubuntu dan openSUSE. Cinnamon juga sekarang sudah menjadi bagian dari lumbung repositori resmi di Fedora Linux, Arch Linux dan Debian GNU/Linux.