CatB (The Cathedral and the Bazaar)

The Cathedral and the Bazaar (disingkat CatB) adalah sebuah esai karangan Eric S. Raymond tentang metoda enjenering software berdasarkan observasi pada proses pengembangan kernel Linux dan pengalamannya mengelola proyek open source: fetchmail. Pertama kalinya dipresentasikan di Linux Kongress pada tanggal 27 Mei 1997 kemudian dipublikasi sebagai bagian dari sebuah buku dengan nama yang sama pada tahun 1999.

Dokumen ini telah menjadi manifesto gerakan open source dan sangat disegani. Esai ini mengenengahkan kontras perbedaan dari model pengembangan dua jenis free software:

  • Model Cathedral, dimana source code tersedia disetiap rilis, tapi ekslusiv untuk dikembangkan oleh grup pengembang terbatas dan tertutup. GNU Emacs dan GCC ditampilkan sebagai contoh.
  • Model Bazaar mengacu kepada pengembangan gotong royong oleh publik via Internet. Raymond memberikan kredit kepada Linus Torvalds, komandan proyek kernel Linux, sebagai penemu proses ini. Termasuk proyek fetchmail yang dikelolanya sendiri adalah menerapkan model ini.

Makna dari esai ini merupakan sebuah pernyataan Raymond yaitu “given enough eyeballs, all bugs are shallow” (juga disebut sebagai kaidah Linus): bila source code tersedia untuk diujicoba publik, dibedah dan di eksperimentasikan, maka bugs akan ditemukan dengan cepat. Sebagai kontras, Raymond mengklaim bahwa waktu dan enerji yang dibutuhkan untuk pengembangan model Cathedral adalah sangat besar karena dikerjakan hanya oleh segelintir pengembang.