BlankOn Linux

Linux BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan. Linux BlankOn merupakan bagian dari gerakan Proyek BlankOn yang memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Gerakan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka.

BlankOn 8 Rote

Misi Proyek BlankOn
Proyek BlankOn Linux bertujuan untuk mengembangkan ekosistem baru dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka. Pengembangan dilakukan dengan cara meningkatkan kecakapan sumber daya lokal sehingga mampu dan kompeten di dalam pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka, mulai dari yang teknis seperti pengembangan aplikasi dan distribusi Linux, hingga hal-hal non-teknis seperti kepemimpinan dan kemampuan membangun komunitas hingga solusi komersial berbasis BlankOn.

Proyek BlankOn diluncurkan sejak tahun 2004 oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia. Proyek ini ingin menggandeng semua pihak yang membutuhkan kompetensi BlankOn, yang ingin meningkatkan kecakapan dalam bidang teknis dan non teknis, maupun yang ingin menyelenggarakan bisnis berbasis BlankOn Linux.

Ekosistem yang diharapkan tercipta adalah kumpulan perorangan, entitas pendidikan, perusahaan, dan organisasi baik nirlaba, komersial maupun pemerintahan, yang menggunakan BlankOn sebagai landasan dalam melakukan kegiatannya. Di sini, terdapat orang-orang yang semula berjiwa konsumtif namun setelah terjun dan terlibat dalam ekosistem, menjadi orang-orang yang berjiwa produsen dan inovatif. Dalam ekosistem, orang-orang dirangsang untuk menghasilkan, apa pun bentuknya, mulai dari kode, pemikiran-pemikiran, karya seni, hingga kegiatan-kegiatan bisnis yang menguntungkan. Ekosistem yang tercipta diharapkan akan menghasilkan beragam produk dan hasil karya, dan menjadi mesin perpetual yang kembali memberi manfaat ke proyek BlankOn dalam bentuk dana, masukan-masukan, dan tenaga.

Distribusi Linux BlankOn dijadikan ajang latihan untuk mencapai cita-cita ini. Dalam kegiatan pengembangan, diasah beragam keterampilan teknis dan non-teknis, mulai dari perancangan hingga proses produksi, mulai dari penulisan kode hingga pembangunan komunitas. Kegiatan dilakukan dengan sistem perekrutan dan mentoring berantai, artinya, orang yang direkrut dan dilatih hari ini besok diharapkan dapat merekrut dan melatih orang yang baru.

Kegiatan

Proyek BlankOn memiliki beragam kegiatan yang dilakukan secara gabungan maupun secara kelompok dalam lingkup komunitas lokal. Kegiatan yang dilakukan biasanya bersifat teknis, di antaranya:

  • Pengembangan distribusi Linux BlankOn
  • Program kemitraan bisnis berbasis Linux BlankOn
  • Konferensi Pengembang dan Pengguna Linux BlankOn
  • Pengembangan teknologi praktis berbasis Linux BlankOn
  • Pengembangan komunitas di seluruh Indonesia

Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka.

Media yang tersedia untuk Linux BlankOn awalnya hanya mendukung arsitektur 32 bit, kemudian sejak rilis Pattimura mendukung 64 bit, dan pada edisi Rote tersedia media dengan arsitektur SoC (System-on-a-chip) ARM yang mendukung hardware Raspberry Pi. Racikan khusus Linux BlankOn adalah BlankOn Sajadah yang memuat berbagai perangkat lunak Islami. Paket-paket yang disertakan pada edisi Sajadah antara lain pengingat waktu sholat, arah kiblat, Al Qur’an dan terjemah, tartil Qur’an, pembaca hadist dan Kalender Hijriyah dan Kalkulator Zakat.

 

Logo BlankOn

Rilis Linux BlanOn:

  • BlankOn 9.0 – 10 November 2013 – Suroboyo
  • BlankOn 8.0 – 17 Agustus 2012 – Rote
  • BlankOn 7.0 – 17 Agustus 2011 – Pattimura
  • BlankOn 6.0 – 4 Juli 2010 – Ombilin
  • BlankOn 5.0 – 16 Juni 2009 – Nanggar
  • BlankOn 4.0 – 15 November 2008 – Meuligoe
  • BlankOn 3.0 – 27 April 2008 – Lontara
  • BlankOn 2.0 – 2006 – Konde
  • BlankOn 1.0 – 2004 – Bianglala