BeagleBoard

BeagleBoard adalah sebuah SBC atau komputer papan tunggal OSHW (Open-source hardware) yang memanfaatkan prosesor aplikasi SoC (System-on-a-chip) buatan Texas Instruments tipe OMAP3530 untuk menghasilkan kinerja seperti sebuah laptop berikut kemudahan ekspansi. OMAP3530 SoC memiliki subsistem dengan fitur ARM Cortex-A8 MCU, “branch prediction” yang sangat akurat dan cache L2 sebesar 256KB yang dapat cipacu dengan kecepatan sampai 600MHz (720MHz).

Papan BeagleBoard berukuran 75cm x 75cm memiliki antarmuka hardware yang kompatibel dengan PC standar, dan mudah disambungkan via USB dengan kabel standar, DVI-D menggunakan adaptor HDMI ke DVI-D, atau melalui konektor MMC/SD/SDIO. Port USB 2.0 OTG berkecepatan tinggi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan papan ini atau untuk ekspansi yang fleksibel. BeagleBoard juga memiliki hardware grafis PowerVR™ yang mampu menghasilkan 10 juta poligon per detik.

Sistem operasi yang jalan dan pernah dicoba di BeagleBoard adalah distro-distro, termasuk Android, Angstrom Linux, Fedora, Ubuntu, Gentoo, Arch Linux ARM and Maemo Linux, FreeBSD, disamping juga Windows CE, Symbian, QNX dan RISC OS 5 yang disediakan oleh RISC OS Open.

Termasuk dalam keluarga BeagleBoard (sejak Juli 2008), telah dikembangkan SBC tipe BeagleBoard-xM yang lebih kini dan generasi baru dengan nama BeagleBone (Oktober 2011) dan BeagleBone Black (April 2013) yang lebih popular di kalangan pengembang sistem benam (embedded).

BeagleBoard_described_500