Arsitektur dan Platform

Arsitektur dan PlatformPlatform adalah kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras /prosesor dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (termasuk aplikasi). Ia merupakan landasan yang memungkinkan sebuah perangkat lunak, khususnya aplikasi, dapat berjalan. Platform secara umum sudah termasuk arsitektur, sistem operasi, bahasa pemrograman dan antarmuka terkait pada sebuah komputer (termasuk didalamnya adalah pustaka sistem, runtime dan antarmuka pengguna grafis). Singkatnya, platform adalah sebuah lingkungan untuk menjalankan perangkat lunak. Beberapa platform perangkat lunak dapat meng-emulasikan sebuah platform perangkat keras secara menyeluruh, seperti halnya pada virtualisasi sistem.

Arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari sebuah sistem komputer. Secara praktis disini, terutama penting dalam penentuan pilihan untuk jenis sistem operasi adalah arsitektur dari prosesor sebuah komputer PC yang lajim ditemukan dan terebar di masyarakat secara luas yaitu:

  1. 32 Bit, atau x86 menurut Intel dengan populasi yang paling luas, adalah untuk komputer yang ditenagai dengan prosesor keluarga Intel dan kompatibel, termasuk diantaranya prosesor besutan AMD, dan VIA.
  2. 64 bit, x86_64, dan AMD64 sebutan yang merujuk pada ekstensi 64-bit di arsitektur x86 yang ada. Ekstensi 64-bit ini awalnya diciptakan AMD diatas arsitektur Intel x86, belakangan menggunakan istilah bersama dan umum dikenal sebagai “x86-64″, “AMD64″, atau “x64″:
  • AMD dengan ekstensi AMD64 pada prosesor tipe Athlon 64, Opteron, Sempron, Turion 64, Phenom, Athlon II dan Phenom II;
  • Extensi Intel 64 pada tipe-tipe baru dari prosesor Celeron, Pentium, dan Xeon, pada prosesor Intel Core 2/i3/i5/i7 dan pada proesor Atom tertentu;
  • Extensi 64-bit VIA Technologies digunakan di prosesor seri VIA Nano.

Komputer kompatibel Intel yang ditenagai dengan prosesor 64 Bit ekstensi Intel kompatibel pada prinsipnya dapat menjalankan sistem operasi dan program standar untuk 32-bit dengan baik, dan tidak sebaliknya.

Cara mengetahui apakah prosesor yang ditanamkan di komputer Anda 32 atau 64 adalah:

  • Bila Anda mengetahui spesifikai hardware dan mengetahui pembuat dan nomor tipe prosesor, namun tidak diebutkan secara eksplisit, Anda dapat mencari dengan mudah di Internet atau langsung menelusuri situs pembuatnya.
  • Apabila komputer telah terpasang sistem operasi Anda dapat memilih arsitektur prosesor yang sama seperti sstem operasi yang tertanam. Bila maih ragu atau ingin mengetahui lebih pasti, Anda dapat melakukan sebagai berikut:
  • Microsoft menerbitkan panduan untuk komputer yang menggunakan Windows mulai Windows 2000 dan yang lebih baru disini:  http://support.microsoft.com/default.aspx?scid=kb;en-us;827218
  • Bila komputer telah tertanam Linux jalankan di jendela terminal perintah uname -a
  • Tanpa sistem operasi umumnya Anda dapat melihat di BIOS tipe dari prosesor tertanam yang biasanya tampil saat PC dalam proses booting.