ARM architecture

ARM Architecture PoweredArsitektur ARM merupakan arsitektur prosesor 32-bit RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Limited. Dikenal sebagai Advanced RISC Machine dimana sebelumnya dikenal sebagai Acorn RISC Machine. Pada awalnya merupakan prosesor desktop yang sekarang didominasi oleh keluarga x86. Namun desain yang sederhana membuat prosesor ARM cocok untuk aplikasi berdaya rendah. Hal ini membuat prosesor ARM mendominasi pasar mobile electronic dan embedded system dimana membutuhkan daya dan harga yang rendah.

Pada tahun 2007, sekitar 98% dari satu miliar mobile phone yang terjual menggunakan setidaknya satu buah prosesor ARM. Dan pada tahun 2009, prosesor ARM mendominasi sekitar 90% dari keseluruhan pasar prosesor 32-bit RISC. Prosesor ARM digunakan di berbagai bidang seperti elektronik umum, termasuk PDA, mobile phone, media player, music player, game console genggam, kalkulator dan periperal komputer seperti hard disk drive dan router.

ARM Ltd. hanya menjual IP (Intelectual Property) core dimana perusahaan lain dapat memproduksi mikrokontroller dan prosesor berdasarkan rancangan ARM. Produsen yang membeli lisensi arsitektur ARM termasuk Alcatel, Atmel, Broadcom, Cirrus Logic, Digital Equipment Corporation, Freescale, Intel melalui DEC, LG, Marvell Technology Group, NEC, NVIDIA, NXP Semiconductors, OKI, Quallcomm, Samsung, Sharp, ST Microelectronics, Symbios Logic, Texas Instruments, VLSI Technology, Yamah dan ZiiLABS.

Menggunakan ARM prosesor dengan pendekatan berbasis RISC untuk mendesain sebuah komputer, diperlukan secara signifikan lebih sedikit transistor dibandingkan prosesor pada umumnya yang biasanya ditemukan di PC. Kelebiham pendekatan ini adalah biaya, panas dan penggunaan daya yang rendah dibandingkan pada chip dengan desain yang lebih kompleks. Sifat inilah yang diinginkan untuk digunakan di perangkat ringan, portabel, perangkat bertenaga baterai umumnya seperti smartphone dan komputer tablet.

Berkurangnya kompleksitas dan desain yang lebih sederhana memungkinkan perusahaan untuk membangun SoC dengan rendah energi untuk sistem embedded berikut komponen memori, interface, radio, dll-nya. Contoh paling awal adalah Apple Newton personal digital assistant (PDA), namun pendekatan yang sama juga ditemukan di Raspberry Pi dan semua keluarga SoC (System-on-a-chip) Apple sampai dengan Apple A7 yang merupakan SoC ARM 64-bit pertama ditanamkan di iPhone 5s.